Gak Cuma Seger, Salad Juga Bisa Tingkatkan Mood, Masak Sih?

Ternyata gak cuma rasanya yang seger, Salad juga bisa meningkatkan mood kita lho. Begini penjelasanya.

Saat ini Salad sudah berkembang pesat dan menjadi sebuah tren hidup sehat. Salad pun makin populer digemari banyak orang di berbagai belahan negara.

Potongan sayur dan buah, dan dressingnya nyegerin dan rendah lemak, jadi makanan ini jadi menu favorit bagi yang sedang menjalankan program diet.

Sebenarnya gak cuma cocok disantap jadi menu diet doang, salad sebenarnya juga bermanfaat untuk memperbaiki mood kita lho. Seperti halnya dark chocolate.

Menyantap salad yang kaya nutrisi dan rendah akan gula bisa memicu otak kita agar lebih produktif sepanjang hari.

Protein dan serat yang terkandung di dalamnya akan membuat perut kita terasa kenyang lebih lama. Buah dan sayur juga punya banyak kandungan Vitamin yang baik dan melimpah. Cocok banget kan?

Vitamin dalam salad apabila dikonsumsi dalam tubuh, Nantinya  berperan sebagai antioksidan inilah yang merangsang perasaan bahagia. 

Hasilnya suasana hati kita gak mudah terganggu serta lebih mudah fokus saat mengerjakan tugas maupun aktivitas harian lainnya sih

Menurut Ahli diet asal Colorado, Cassie Pisano, Makanan yang memiliki kepadatan nutrisi yang tinggi seperti buah dan sayuran berwarna cerah mengandung vitamin dan mineral yang dapat mempengaruhi respon tubuh terhadap rasa stres gengs.

Salad menyegarkan (tehnoblogija.com)

Buat kamu yang demen menyantap salad, pastinya gak asing dong dengan dressing salad yang sering ditambahkan sebagai penambah rasa. 

Biasanya Dressing terbuat dari yoghurt atau minyak zaitun yang punya peranan penting untuk menyehatkan otak kita.

Beda sama makanan yang tinggi gula, walau lebih mengenyangkan, karbohidrat yang tinggi justru akan membuat tubuh kita lebih mudah lelah.

Menurut Pisano, Karbohidrat berat seperti kue atau sereal yang manis membuat tubuh bekerja lebih keras sehingga akan memperlambat metabolisme baik secara fisik maupun mental gengs.

Bahkan fakta yang mengejutkan lagi, salad sendiri bisa menjadi hangover akibat terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, istilahnya sebagai pereda pengaruh alkohol.

Menurut laporan sebuah jurnal yang diluncurkan oleh Department of Medicine and Institute of Human Nutrition, Columbia University pada tahun 2012 menjelaskan bahwa hangover bisa muncul saat tubuh kehilangan banyak vitamin dan mineral akibat konsumsi alkohol. 

Jadi menyantap hidangan dari sayur atau buah segar yang kaya banget akan nutrisi akan mempercepat pemulihan pada tubuh kita.

Salad buah (natuna.asia)

Pada hasil penelitian lainya dari Jeju National University, Korea Selatan, yang diterbitkan tahun 2009, salad yang terbuat dari campuran asparagus dapat mempercepat metabolisme alkohol serta mendetoks hati.

Apalagi kalau ditambahi dengan kandungan air yang tinggi, konsumsi salad bisa tingkatkan cairan di dalam tubuh sehingga risiko dehidrasi bisa kita hindari.

Gimana gengs menurut kalian? Jadi Salad emang bagus kan kalau di konsumsi? Yuk jangan ragu lagi, biasakan sarapan salad biar mood kamu baik terus.

Makan salad bikin mood naik (Imgur.id)