Inilah Alasan-Alasan Kenapa Kita Sebaiknya Gak Menghina Fisik Orang Lain

Ini lho alasan kenapa kita sebaiknya gak menghina fisik orang lain. Coba, renungkan lagi sikap kalian.

Jika mungkin kalian pernah mengkritik atau menghina penampilan fisik seseorang, sebaiknya mulai sekarang hentikan gengs! Hentikan hal itu karena ada baiknya kalian renungkan apa yang telah kalian lakukan.

Kenapa? Sebab, tanpa kalian sadari, hal itu bisa membawa hal buruk pada orang yang kalian hina fisiknya itu.

Dikutip dari IDNTimes, inilah alasan-alasan kenapa kita sebaiknya gak menghina fisik orang lain. Hentikan itu gengs, sebelum bertambah parah.

#1 Sebab manusia adalah ciptaan Tuhan

Semua manusia di muka bumi ini adalah ciptaan Tuhan. Nah, menghina fisik orang lain berarti sama aja kalian menghina Tuhan pula.

Satu yang perlu kalian ingat, manusia adalah makhluk hidup yang paling sempurna. Kita semua punya keunikan dan itu berbeda-beda. Maka wajib bagi kita untuk menghormati perbedaan itu.

Ketimbang menghina fisik orang, mulailah untuk belajar menghargai setiap perbedaan yang ada. Inget, karma itu ada, tapi gaib juga gengs.

Berani kalian menghina sesama ciptaan Tuhan? (news.psu.edu)

#2 Mengancam kepercayaan diri orang lain

Kalian mungkin tak sadar dengan apa yang kalian katakan untuk menghina fisik orang lain. Dan tanpa kalian sadari pula, kalian telah mengancam kepercayaan diri orang itu.

Mereka yang kaliah hina fisiknya bisa sok kuat di depan kalian. Tapi mungkin ada kemungkinan mereka tak lagi bisa menghargai dirinya sendiri. Ada juga kemungkinan bagi mereka untuk berusaha merombak penampilannya.

Tak jarang dari korban body shaming itu menutup diri dari dunia luar. Mereka jadi gak percaya diri lagi. Jadi, hentikan perilaku kalian yang kayak gitu gengs. Itu bisa mengancam hidup mereka.

Kepercayaan diri orang jadi taruhannya (rd.com)

#3 Orang lain jadi insecure

Mulai sekarang pahamilah baik-baik bahwa penampilan seseorang punya pengaruh besar terhadap kepercayaan dirinya. Apalagi perempuan.

Penampilan erat pula kaitannya dengan mood seseorang. Bila mood-nya baik, seseorang tentu akan berlaku baik pula terhadap orang lain. Itu logis lah ya.

Tapi kalo yang terjadi sebaliknya, kalian mungkin baik-baik aja, tapi gimana kalo kalian jadi korban body shaming atau bullying? Kalian pasti akan insecure deh.

Mereka, atau mungkin kalian, akan merasa malu pada diri sendiri. Gak kebayang deh bakal semengerikan apa seseorang yang udah gak percaya diri lagi. Itu bahaya banget.

Kalo udah insecure, bahaya loh~ (medicalnewstoday.com)

#4 Menyebabkan depresi dan bunuh diri

Body shaming emang jelas banget bisa membuat seseorang insecure. Kalo udah insecure gitu, lama-lama mereka bisa depresi. 

Nah, rasa tertekan berlebihan ini bisa membuat seseorang gak bisa mengontrol lagi dirinya. Dampaknya apa? Bisa menyebabkan seseorang bunuh diri loh! Aduh ... jangan sampe deh.

Sebab kalo orang itu tertekan dan bunuh diri kemudian, kalian juga lho yang secara gak langsung "membunuh" mereka. Kalian memutus harapan hidup orang kalo begini.

Kalo udah begini, lebih parah lagi gengs (theweek.in)

#5 Sebenernya sama aja dengan menghina diri sendiri

Menghina fisik orang lain sama buruknya dengan mengkritik diri sendiri. Jika dilakukan secara berlebihan, itu juga sama dampaknya dengan diri sendiri gengs.

Gak ada manusia di dunia ini yang diciptakan 100 persen sempurna. Semua pasti punya kekurangan dan jelas punya kelebihan serta keunikan masing-masing gengs.

Ada baiknya kalian lebih mantapkan diri sendiri untuk lebih menghargai orang. Sebab, semua manusia tuh bisa saling melengkapi satu sama lain.

Jangan sampe jika kalian merasa memiliki kelebihan, kalian malah tega melakukan body shaming pada orang lain yang kalian anggap tak sesempurna kalian. Serius, karma itu ada, meski gaib gengs.

Jadi, berhati-hatilah dalam bicara dan berperilaku. Semoga kita semua baik-baik aja ya gengs. STOP body shaming sekarang juga!

Itu gak beda dengan menghina kalian juga kok (huffingtonpost.com)