Stres? Usir dengan Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga Ini ... Ampuh!

Stres tuh sebaiknya diusir gengs. Daripada bingung, coba lakukan pekerjaan rumah tangga ini deh. Ampuh kok!

Stres yang membuat kadar hormon kotisol dalam tubuh kita meningkat berbahaya lho. Buat orang dewasa paruh baya misalnya, stres bisa merusak memori kita, dan parahnya juga menyebabkan penyusutan otak gengs!

Stres yang terjadi tuh sebenernya lazim terjadi. Tapi kebanyakan orang gak menyadari hal ini, karena mungkin tingkat stresnya tergolong kecil.

Stres sebaiknya diusir gengs, jangan sampe mereka menguasai kalian. Caranya? Ada banyak cara kok untuk mengusir stres, contohnya ya cara sederhana yang bisa kita lakukan di rumah kita. Berfaedah pula. 

Apa? Mengerjakan pekerjaan rumah tangga gengs. Kok gitu? Eits, jangan anggep remeh lho, soalnya ini ampuh kok. Dikutip dari Mental Floss, usir stres dengan melakukan pekerjaan rumah ini.

1. Coba deh cuci piring kotor

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Mindfulness tahun 2014 lalu menyebutkan bahwa mencuci piring bisa mengurangi stres. Waw!

Studi itu menjelaskan bahwa sebanyak 51 mahasiswa dapat mengingat kembali pengalaman menarik mereka saat praktik mencuci piring. Selain itu, mencuci piring dengan penuh perhatian juga mempengaruhi pikiran yang ruwet jadi normal lagi.

"Pencuci piring yang penuh perhatian terbukti meningkatkan unsur-unsur pengaruh positif seperti inspirasi dan mengurangi unsur-unsur pengaruh negatif, seperti gugup dan kesal," tulis penelitian itu.

Tinggal nyuci doang kok (upi.com)

2. Mengendus bau cucian kotor pasangan kita

Ini kedengeran konyol memang, tapi siapa sangka kalo aktivitas ini efektif menghilangkan stres. Kayak gak ada kerjaan lain aja gitu~

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada 2018 lalu, mengendus pakaian kotor orang yang kita cintai dapat mengurangi stres loh! 

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology itu menyebutkan, sekitar 96 wanita yang mengendus satu dari tiga aroma yang melekat pada pakaian pasangannya--khususnya aroma netral, aroma yang khas dari pasangan mereka, atau aroma parfum orang lain.

Nah, bau orang asing itulah yang membuat kortisol kita melonjak. Tetapi, bau pasangan sendiri justru bisa mengurangi stres.

Kalian pasti bisa deh! (willetteshomelaundry.com)

3. Membereskan rumah yang berantakan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rumah berantakan tuh bikin perempuan jadi stres! Bener gak? 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology juga pernah meneliti pengantin baru yang harus berurusan dengan rumah berantakan.

"Para istri dalam penelitian ini, menemukan diri mereka berada di tengah rumah yang berantakan atau rumah yang membutuhkan pekerjaan, cenderung meningkatkan kadar kortisol sepanjang hari," tulis Emilie Le Beau Lucchesi.

"Mereka yang tidak merasa berantakan sebagian besar adalah pria dalam penelitian tersebut. Mereka memiliki kadar kortisol yang cenderung turun pada hari itu," lanjut Emilie.

Berhubung pekerjaan-pekerjaan rumah itu gampang, ya mulai aja lah. Coba aja dulu, stres bakal menjauh deh dari kita. Oke.

Nyapu kek, apa ngepel deh gitu, stres ilang deh pasti! (mymaidindy.com)