Vinicius Junior Difavoritkan Raih Ballon d'Or 2024 Setelah Era Ronaldo-Messi Berakhir

Vinicius Junior Difavoritkan Raih Ballon d'Or 2024 Setelah Era Ronaldo-Messi Berakhir

Para elit sepak bola dunia akan berkumpul di Paris pada Senin untuk mengikuti upacara Ballon d’Or, ketika penyerang Real Madrid Vinicius Junior difavoritkan untuk memenangi penghargaan kategori putra dan Aitana Bonmati dari Barcelona menjadi favorit untuk memenangi gelar keduanya.

Kandidat peraih penghargaan kategori putra edisi 2023/2024 menjadi untuk pertama kalinya sejak 2003 ketika baik Lionel Messi maupun Cristiano Ronaldo tidak berada di dalamnya. Messi dan Ronaldo berbagi 13 gelar itu di antara mereka berdua selama periode itu.

Vinicius yang mewarisi nomor punggung Ronaldo yakni tujuh di Real Madrid, dijagokan banyak pengamat untuk menggantikan Messi sebagai pemenang Ballon d’Or kategori putra setelah membantu Los Blancos menjuarai Liga Spanyol dan Liga Champions.

“Vinicius akan memenangi (Ballon d’Or), Dan itu bukan karena 3 golnya ke gawang Dortmund, tetapi karena karakternya. Dia luar biasa,” kata pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti.

Pemain 24 tahun asal Brasil itu memperlihatkan mengapa ia berpeluang besar menggantikan Messi saat Real bangkit ketika melawan Dortmund pada tengah pekan silam, tetapi pada El Clasico melawan Barcelona Sabtu (26/10) ia kurang memberi pengaruh.

Meski demikian, enam golnya pada musim lalu begitu vital bagi keberhasilan Real menjuarai Liga Champion untuk ke-15 kalinya. Vinicius mengemas dwigol di semifinal dan satu gol pada laga final.

Vinicius juga menjadi sosok penting dalam pertarungan melawan rasisme, setelah dalam beberapa kejadian ia menjadi korban rasisme sejak tiba di Spanyol pada 2018. Ia mendapat dukungan dari banyak pihak pada Mei 2023, saat mendapat pelecehan rasial dari para penggemar Valencia di Stadion Mestalla.

Pesaing Vinicius untuk meraih penghargaan Ballon d’Or adalah rekan setimnya di Real, Jude Bellingham, serta gelandang Manchester City dan timnas Spanyol Rodri. Pemain-pemain lain yang juga masuk daftar adalah para mesin gol yakni Erling Haaland, Harry Kane, dan Kylian Mbappe.

Bek kanan Real Dani Carvajal juga berpeluang, setelah pada musim lalu ia memenangi Liga Spanyol, Liga Champions, dan Piala Eropa.

Vinicius Junior (via FIFPro)