Ini Alasan Penting Work Life Balance Harus Diterapkan

Ini Alasan Penting Work Life Balance Harus Diterapkan

Salah satu alasan menerapkan work life balance  sangat penting adalah untuk mendapatkan kehidupan yang seimbang antara kepentingan pekerjaan dan kepentingan pribadi lainnya. Karena itu, semua orang seharusnya menerapkan work life balance agar tidak hidupnya tetap bahagia dan tida mengalami depresi.

Mengerahkan banyak energi untuk menyelesaikan pekerjaan memang bukan hal yang salah. Namun, hal tersebut akan berimbas pada aktivitas lainnya yang mungkin akan menjadi lebih buruk. Nah, agar kamu sadar betapa pentingnya menjaga work life balance. Berikut ini beberapa alasan yang bisa kamu pahami.

1. Kesehatan Mental Tetap Terjaga

Alasan pertama kenapa kamu harus menerapkan work life balance adalah agar kamu terhindar dari dampak buruk kesehatan mental. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang berlebihan dalam hal pekerjaan justru akhirnya mengalami depresi dan gangguan kecemasan. Berdedikasi pada pekerjaan bukanlah sebuah kesalahan, tetapi ada baiknya kamu bekerja sesuai waktu yang fleksibel agar kondisi mental tetap baik-baik saja.

2. Kesehatan Fisik

Tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, terlalu banyak mengeluarkan energi untuk bekerja juga dapat mengakibatkan menurunkan kesehatan fisik, lho. Adapun masalah kesehatan fisik tersebut antara lain seperti penyakit asam lambung, kanker, imun tubuh menurun, dan masih banyak lagi. Dengan menerapkan work life balance, maka kamu bisa terhindar dari stres dan kesehatan akan tetap terjaga.

3. Hubungan Sosial

Alasan Menerapkan Work life Balance (via Parapuan)

Terakhir terlalu banyak mengeluarkan energi untuk bekerja juga bisa memengaruhi hubungan sosial kamu, lho. Kamu jadi tidak punya banyak waktu untuk bertemu teman, pasangan, atau keluarga di rumah. Work life balance diterapkan agar kamu tetap bisa menjadi individu yang utuh dan memiliki kehidupan bersama keluarga, teman, dan pasangan, juga tetap bisa bekerja dengan performa yang baik.

Itu tadi beberapa alasan menerapkan work life balance  yang sangat penting untuk dipahami. Ingat, hidupmu tidak hanya soal pekerjaan, tetapi juga ada hal-hal lain yang harus kamu perhatikan dalam hidupmu.

Alasan Menerapkan Work life Balance (via IDN Times)