5 Cara Mengatasi Keraguan, Orang Kuat Mental Melakukannya

Cara mengatasi keraguan ala orang kuat mental bisa jadi panduan. Robohkan kegelisahan untuk mencapai tujuan, yuk!

Kegelisahan membunuh mimpi, begitu kata orang yang mempunyai kekuatan mental. Percaya dengan 'aku nggak akan bisa naik jabatan' atau 'aku nggak mampu membangun bisnis yang menjanjikan' akan membuat keraguan tumbuh dan berbunga. Setiap orang pasti mengalami hal ini, sepercayadiri apapun orang tersebut. Tetapi, orang kuat nggak akan membiarkan keraguan menghalangi mereka meraih kesuksesan. Begini cara mengatasi keraguan, dipraktikkan yuk.

1. Merangkul keraguan 

Keraguan nggak perlu dikhawatirkan karena dengan merasakan gelisah bisa memperbaiki kualitas seseorang. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Psychology of Sport and Exercise menemukan bahwa seseorang yang pernah merasa ragu mempunyai prestasi yang lebih baik dibanding orang yang terlalu percaya diri dengan kemampuannya. Banyak studi menemukan kesimpulan yang sama. 

Daripada menghabiskan energi untuk mengkhawatirkan hal-hal yang membuat ragu, maka merangkul keraguan akan lebih membantu. Dengan menghabiskan waktu untuk berlatih dan mengasah kemampuan akan lebih bernilai. 

2. Mencari petunjuk

Ketika menghadapi keraguan yang serius, cari petunjuk yang tepat dari pemikiranmu sendiri. Tanyakan pada diri sendiri mengenai 'apa yang sesungguhnya terjadi?'. Lalu tanyakan juga 'apa yang telah dilakukan hingga terjadi kondisi seperti begini?'. Tulis jawaban dari pertanyaan tersebut pada selembar kertas.

Mengidentifikasi fakta yang terjadi bisa membantu pikiran lebih realistis. Selain bisa mengatasi keraguan, mencari fakta bisa mereduksi kegelisahan.

3. Pertimbangkan hal paling buruk

Keraguan membuat prediksi yang nggak jelas. Agar bisa lebih jelas, kamu bisa menanyakan tentang 'apa hal terburuk yang akan terjadi?' kepada dirimu sendiri. Jika kamu melakukan kesalahan, apakah hal ini buruk?

Ingatlah saat mengalami kekacauan, hidupmu tidak akan berubah. Kalah dalam sebuah permainan, terjatuh  dan kegagalan harusnya dihadapi dengan cara pandang yang tepat. 

Ditempat berangin (melodywilding.com)

4. Sadari emosi

Emosi bisa berperan besar dalam memandang sebuah masalah dan berpikir. Perasaan gelisan bisa membuat pikiran semakin ragu dan merusak kemampuan, kecuali kamu bisa mengenali emosi. 

Dengan mengenali emosi, maka kamu bisa segera mengatasinya. Jangan sampai memantik rasa ragu. Kenali bagaimana emosi mempengaruhi pilihanmu. Jika kegelisahan meroket tinggi, tenangkan tubuh dan pikiranmu. Ambil nafas panjang atau mencari hal lain yang bisa menurunkan rasa gelisah. 

5. Fokus buat kemampuan kedepan

Bagaimana pun cara mengatasi keraguan atau berlari kencang menyelesaikannya, tetaplah fokus untuk kemampuan kedepan. Ngomong 'aku akan meningkatkan kemampuan' ke diri sendiri nggak akan lebih baik jika kamu nggak fokus dalam melakukan setiap langkahmu. 

Diatas gedung menatap jauh (classy.org)

Sebelum kamu mengambil keputusan besar, berikan waktu untuk diri sendiri mengidentifikasi duduk persoalannya. Katakan 'semua yang kulakukan adalah yang terbaik' akan mengingatkanmu tentang hal yang nggak dibutuhkan dan bikin tambah ruwet. Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan melaluinya dengan lebih baik.  

Shuttlecock (youtube.com)