Enak Banget Kalau Dibikin Sate, Bekicot Ternyata Kaya Akan Kandungan Nutrisi

Enak Banget Kalau Dibikin Sate, Bekicot Ternyata Kaya Akan Kandungan Nutrisi

Daging bekicot merupakan menuistimewa bagi para pecinta kuliner. Meski tak banyak yang menyukai, kuliner ini memiliki keunggulan nutrisi dibandingkan daging lainnya. 

Selain rendah kalori dan lemak, daging bekicot tinggi kandungan nutrisi anorganik, asam amino penting dan asam lemak bermanfaat. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan daging bekicot sebagai salah satu faktor nutrisi positif dalam pola makan Mediterania.

Kandungan Nutrisi Bekicot

Siput atau bekicot sangat tinggi protein namun rendah karbohidrat. Satu porsi 100 gr siput memiliki 16,5 g protein (sekitar 9 lebih sedikit dibandingkan dengan ayam) dan hanya 90 kalori (kurang dari setengah jumlah ayam).

Rata-rata Siput terdiri dari 80% air, 15% protein, dan 2,4% lemak yang sebagian besar merupakan lemak sehat. Hebatnya lagi, bekicot hanya mengandung dua gram karbohidrat. Mereka cukup tinggi kolesterol, tapi ingat bahwa kolesterol sebenarnya tidak buruk jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Selain tinggi protein, bekicot juga kaya akan sejumlah vitamin dan mineral.

Kandungan Vitamin, Mineral, dan Zat Besi

Bekicot juga kaya akan vitamin E, A, K dan B12. Sering disebut sebagai 'vitamin energi', B12 dibutuhkan untuk membuat sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, melepaskan energi dari makanan yang kita makan, dan memproses asam folat.

Dengan kandungan 3,5 miligram per 100g, bekicot sebenarnya memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan daging sapi . Sama seperti daging sapi, bekicot juga tinggi potasium (382 miligram) dan tinggi magnesium (250 miligram) bahkan jika dibandingkan dengan ayam, babi, sapi atau ikan.

Bekicot mengandung asam lemak esensial, kalsium, zat besi, selenium, dan magnesium yang juga terdapat pada bekicot. Siput adalah makanan ideal untuk menjaga berat badan karena merupakan sumber protein yang baik tetapi rendah kalori dan lemak. Bayangkan untuk 100 gram porsi bekicot, Anda memiliki sekitar 90 kalori.

Siput juga merupakan sumber magnesium yang baik, yang dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga tekanan darah normal, memperkuat tulang dan juga menjaga detak jantung tetap teratur.

Kita tidak membutuhkan banyak selenium dalam tubuh kita, tapi kita memerlukannya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan melindungi sel dari kerusakan.  Dan ya, bekicot mengandung selenium.

Selain semua manfaat kesehatan ini, bekicot juga lezat, berair, bergizi lezat, dan lebih murah dibandingkan daging merah mana pun.

Kuliner bekicot utuh (food.detik.com)