3 Minyak Atsiri yang Bagus untuk Perawatan Rambut dan Cara Mengaplikasikannya

3 Minyak Atsiri yang Bagus untuk Perawatan Rambut dan Cara Mengaplikasikannya

Minyak atsiri adalah senyawa dari ekstrak tumbuhan yang diperas dan sangat terkonsentrasi. Sejumlah besar tanaman diperlukan untuk menghasilkan sejumlah kecil minyak. Ada banyak minyak esensial di pasaran, masing-masing memiliki khasiat dan manfaat kesehatan yang unik. Di bawah ini adalah 3 jenis minyak atsiri yang dapat kamu gunakan untuk perawatan rambut:

1. Minyak Sereh

Ketombe adalah masalah umum bagi banyak orang dan tidak hanya terlihat tidak menarik tetapi juga dapat menyebabkan infeksi jamur atau kondisi peradangan seperti lichen planopilaris.

Sereh dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi hal ini, mengurangi jumlah ketombe hingga 74% setelah dua minggu penggunaan, sehingga mencegah terjadinya kerontokan rambut di kemudian hari.

Cukup masukkan dua tetes minyak sereh ke dalam sampo atau kondisioner dan cuci rambutmu seperti biasa untuk menghilangkan ketombe dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

2. Minyak Pepermint

Minyak esensial peppermint tentu saja sangat bermanfaat, karena menghasilkan sensasi fisik yang kuat di kulit kepala. “Sensasi kesemutan” ini dianggap sebagai minyak yang membantu kelenjar kulit memproduksi lebih banyak minyak dan meningkatkan sirkulasi darah langsung ke folikel rambut.

Peppermint sangat efektif dalam memperpanjang fase anagen (pertumbuhan rambut); rambut akan tumbuh lebih kuat dan panjang. Selain itu, para peneliti telah menemukan bahwa minyak pepermin dapat mendorong pembentukan lebih banyak folikel rambut, sehingga meningkatkan volume dan kepadatan rambut.

Cukup tambahkan dua tetes minyak esensial peppermint ke carrier oils, pijat langsung ke kulit kepala, dan bilas setelah 5 menit. Terapkan tiga kali seminggu untuk hasil optimal.

3. Minyak Lavender

Minyak lavender memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membuat rambut menjadi lebih bersih, segar, dan bebas racun. Selain itu, minyak ini dapat membantu merangsang folikel rambut untuk mencapai potensi pertumbuhan penuhnya.

Cara menggunakan minyak lavender untuk perawatan rambut yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes minyak lavender dengan minyak zaitun atau minyak pembawa, dan oleskan ke kulit kepalamu. Biarkan selama 10 menit sebelum dicuci dengan sampo. Kamu dapat mengulangi cara ini berkali-kali sepanjang minggu.

Minyak sereh bisa membantu mengatasi ketombe (cantika.com)