Bukan Toilet, Ternyata Ini 5 Bagian Paling Kotor di Pesawat

Ternyata bukan toilet bagian paling kotor di pesawat, tetapi beberapa bagian lain seperti berikut ini. Apa saja bagiannya?

Sebagian orang mungkin mengira bahwa bagian paling kotor di pesawat adalah toilet . Namun ternyata bukan itu, lho. Ada beberapa bagian lainnya yang ternyata lebih kotor daripada toilet pesawat. 

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi umum di dunia yang sudah melakukan perjalanan dengan ribuan bahkan jutaan penumpang. Meski kru pesawat telah berulangkali membersihkan bagian-bagian di dalam pesawat, tetapi ada bagian yang terlewat, sehingga bagian pesawat tidak benar-benar bersih. Lantas, bagian mana saja dalam pesawat yang disebut paling kotor? Berikut ini daftarnya.

1. Kartu Instruksi Pesawat

Mengutip CNN, seorang pramugari bernama Josephine Remo mengungkapkan bahwa bagian paling kotor dalam pesawat adalah kartu instruksi pesawat. Karena itu, dirinya menyarankan agar penumpang sebaiknya menggunakan handsanitizer terlebih dahulu sebelum menyentuh benda tersebut.

2. Kabin Atas

Selain kartu instruksi pesawat, bagian lain dalam pesawat yang juga disebut paling kotor adalah kabin atas. Pasalnya, kabin di atas kepala penumpang merupakan tempat penyimpanan barang yang banyak disentuh orang. Setiap jam saat penerbangan, penumpang secara bergantian menaruh dan mengambil barang. Maka dari itu, sebelum dan sesudah bersentuhan dengan kabin atas sebaiknya gunakan hand sanitizer atau mencuci tangan.

3. Meja Makan Penumpang

Bagian Paling Kotor di Pesawat (via iStock)

Selanjutnya, meja makan penumpang juga termasuk bagian paling kotor di pesawat. Sebuah studi yang dilakukan oleh Travelmath menyebutkan bahwa meja makan penumpang berpotensi dihinggapi bakteri delapan kali lebih banyak dari tempat lainnya. Bagaimana tidak? Meja makan sering digunakan oleh para penumpang untuk berbagai keperluan.

4. Sarung Jok

Sue Fogwell, seorang pramugari yang sudah terbang lebih dari 20 tahun menyebutkan bahwa sarung jok pada pesawat jarang diganti atau dibersihkan, kecuali ada laporan dari penumpang. Dengan begitu, bagian ini juga bisa dianggap paling kotor. Untuk itu disarankan kamu membawa sendiri sarung jok sekali pakai saat penerbangan.

5. Gagang Pintu Toilet

Bagian Paling Kotor di Pesawat (via IDN Times)

Toilet pesawat biasanya rutin dibersihkan, tetapi tidak dengan gagang pintu toilet. Apalagi toilet pesawat merupakan tempat yang didatangi oleh banyak orang dengan latar belakang berbeda-beda. Karena itu, penumpang sebaiknya menggunakan hand sanitizer selepas dari toilet pesawat guna menjaga tangan tetap higienis.

Setelah tahu apa saja bagian paling kotor  di pesawat, mulai sekarang sebaiknya selalu sedia hand sanitizer dalam tas kamu ya atau tisu basah yang bisa menjamin kebersihan tanganmu. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari segala macam bakteri yang bisa menyebabkan penyakit.

Bagian Paling Kotor di Pesawat (via Okezone Travel)