Resep Ayam Suwir Sambal Matah Khas Bali, Makanan Sehat yang Bisa Bikin Ketagihan

Resep ayam suwir sambal matah yang sehat namun tetap bisa bikin ketagihan.

Tidak hanya digoreng memakai tepung, daging ayam  juga sangat nikmat jika diolah dengan teknik suwir. Setelahnya, kamu bisa menikmatinya dengan mencampurnya menggunakan sambal matah khas Bali.

Bisa dibayangkan betapa nikmatnya sambal matah yang pedasnya memikat lidah bila digabungkan dengan ayam suwir? Pasti rasanya bikin ketagihan. Semakin lahap makan, siapkan lebih banyak stok nasi.

Menariknya, ayam suwir sambal matah ini termasuk makanan sehat karena dimasak dengan cara dikukus dan hanya memakai sedikit minyak untuk sambal matahnya. Bahan yang digunakan pun sederhana.

Kuliner ini juga mudah sekali dibuatnya sendiri di rumah. Seperti apa cara membuat ayam suwir sambal matah? Simak resepnya yang dirangkum di bawah ini!

Bahan-bahan:

- 400 gram Dada Ayam

- Secukupnya Garam

- 1 buah Jeruk Nipis

Bumbu Iris Tipis:

- 15 buah Cabai Rawit

- 5 buah Cabai Keriting

- 15 siung Bawang Merah

- 3 batang Serai, bagian putihnya saja

- 5 lembar Daun Jeruk, buang tulang daunnya

- 2 sdt Garam

- 1/2 sdt Gula

- 1 sdt Kaldu Ayam Bubuk

- 1 buah Jeruk Nipis

- Secukupnya Minyak Goreng

Cara Membuat Ayam Suwir Sambal Matah:

Ilustrasi Ayam Suwir Sambal Matah (FIMELA)

1. Cuci bersih ayam, lalu lumuri dengan 1 buah perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Biarkan selama 10 menit lalu kukus hingga matang.

2. Agar lebih cepat matang, kamu bisa memotong ayam jadi dua bagian. Jika sudah matang, angkat dan suwir-suwir ayam lalu sisihkan sejenak.

3. Campurkan semua bumbu iris ke dalam mangkuk, mulai dari cabai, bawang, serai dan daun jeruk. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk dan jeruk nipis.

4. Lalu panaskan minyak secukupnya. Kalau sudah, tuang minyak ke dalam sambal matah. Aduk semua bahan sampai sambal matang karena minyak panas. 

5. Kamu bisa menggunakan minyak agak banyak agar sambal matang secara merata. Jika sudah, pindahkan ayam suwir ke piring saji lalu tuang sambal matah.

6. Aduk rata ayam suwir dengan sambal matah. Tes rasa, jika dirasa sudah pas, kamu bisa langsung menyajikannya untuk santapan keluarga. Selamat mencoba ya!

Cara Membuat Ayam Suwir Sambal Matah (Babad.id)