Penyebab dan Pencegahan Jerawat pada tubuh dan Punggung

Penyebab dan Pencegahan Jerawat pada tubuh dan Punggung

Jerawat tubuh dan jerawat punggung adalah masalah yang umumnya dialami beberapa orang. Meskipun biasanya jerawat dimulai pada saat pubertas, sekarang jerawat umumnya sering terjadi pada orang dewasa. 

Leher, dada, pundak, lengan atas, dan bahkan pantat adalah tempat yang biasanya terkena jerawat. Dan jerawat punggung sekarang menjadi hal yang umum terjadi.

Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah dan Punggung

Faktor utama penyebab jerawat pada wajah juga bisa menjadi factor utama penyebab jerawat pada tubuh. Yaitu minyak yang berlebih, penumpukan sel kulit mati, dan bakteri penyebab jerawat juga bisa menimbulkan jerawat pada bagian tubuh manapun.

Sama seperti di wajah, bagian tubuh kita juga memiliki kelenjar yang bisa menghasilkan minyak yang dapat membantu menjaga kelembapan, mengatur suhu, dan dan mencegah infeksi. Apabila minyak dan sel kulit mati terjebak pada pori-pori dan terjadi penyumbatan maka akan muncul komedo yang akan betumbuh menjadi jerawat.

1. Produk Kosmetik

Jika kamu memiliki jerawat pada belakang leher dan sepanjang garis rambut, itu bisa terjadi karna produk perawatan kulit atau kosmetik. Produk ini biasanya disebut dengan comedogenic yaitu produk yang memiliki bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

2. Gesekan dengan benda tertentu

Macam-macam jerawat (realfood.co.id)

Baju yang ketat, peralatan olahraga, dan pakaian lain yang bergesekan dengan kulit bisa membuat tubuh dan punggung muncul jerawat. Menggesekkan atau memberi tekanan pada kulit ditambah dengan keringat dapat menyebabkan atau memperparah jerawat punggung.

3. Keringat 

Keringat juga bisa menyebabkan jerawat tubuh. Untuk menguranginya segera mandi setelah selesai beraktivitas atau berolahraga. Jangan menggosok kulit terlalu keras, ingat jika kamu ingin menghindari gesekan pada kulit. Gosok secara perlahan dan menyeluruh.

Pencegahan Jerawat Punggung dan Tubuh

Jerawat di wajah (alodokter.com)

Untuk mencegah munculnya jerawat tubuh dan jerawat punggung, para ahli merekomendasikan:

• Memakai pakaian longgar

• Mengurangi makanan yang manis dan produk olahan susu

• Menghindari stress

• Menggunakan produk perawatan tubuh yang non-comedogenic

• Mengobati jerawat dengan sabun mandi anti bakteri, atau melakukan eksfoliasi kulit

Jerawat tubuh dan punggung adalah masalah yang umum. Karena seringkali disebabkan oleh gesekan atau keringat. mandi setelah berolahraga penting untuk mengatasi jerawat punggung. Pastikan pilihan pakaian kamu juga tidak menyebabkan atau memperparahnya.

Jaga kebersihan area tersebut, tetapi hindari menggosok dengan kasar. Sebaliknya, basuh area tersebut dengan lembut menggunakan produk yang diformulasikan khusus untuk jerawat.

Jerawat punggung (kompas.com)