Wih, Bagian Tubuh Tokoh-Tokoh Terkenal Ini Disimpan di Museum ...

Tokoh-tokoh terkenal dunia ini udah mati. Namun, bagian-bagian tubuhnya masih disimpan di museum. Apa aja ya?

Tokoh-tokoh terkenal dunia di masa lalu jelas udah lama mati. Beberapa dari mereka mungkin terkenal karena bagian tubuhnya seperti Marilyn Monroe karena bibir seksinya, atau Elvis Presley dengan rambut hitamnya.

Sekarang tinggal nama, karya-karya, dan semangatnya aja yang tertinggal. Tapi siapa sangka kalo beberapa bagian tubuh tokoh-tokoh terkenal lainnya masih tersimpan dengan baik di museum.

Dikutip dari The Vintage News, inilah bagian tubuh tokoh-tokoh terkenal dunia yang disimpan dalam museum.

1. Otak

Bagian tubuh tokoh terkenal yang disimpan di museum adalah otak milik Albert Einstein. Dia adalah ilmuwan paling terkenal sepanjang masa yang meninggal dunia pada 1955 silam.

Einstein adalah orang jenius yang membuat para peneliti tertarik mengetahui perbedaan antara otaknya yang cemerlang dan otaknya orang-orang biasa.

Foto berwarna Albert Einstein (brainskewer.com)

Otak Einstein dikeluarkan dari kepalanya selang beberapa jam setelah kematiannya. Sementara, otak itu pernah dinyatakan hilang, meski kembali ditemukan pada 1978.

Kemudian pada tahun 2010, otak Einstein itu disumbangkan ke Museum Nasional Kesehatan dan Kedokteran di Amerika Serikat (AS). Selain otak, mata Einstein pun dikeluarkan dari tubuhnya. Matanya pun disimpan di kotak penyimpanan di New York, AS.

Otak Einstein yang dipamerkan di museum (dailymail.co.uk)

2. Rambut

Che Guevara dikenal sebagai seorang revolusioner dari Amerika Latin. Guevara terbunuh pada 1967 oleh tentara Bolivia. Setelah terbunuh, seorang agen CIA berhasil menyelinap dan mendatangi jasad Guevara lalu memotong rambutnya.

Sepotong rambut panjang tiga inci kemudian dilelang bersama dengan foto jenazah Guevara beserta salinan sidik jarinya.

Foto berwarna Che Guevara (reddit.com)

Bagian tubuh tokoh revolusioner ini kemudian dibeli oleh Bill Butler, seorang penjual buku-buku langka dari Texas, AS. Ia juga seorang kolektor memorabilia 1960-an.

Butler sendiri diketahui adalah penggemar berat Che Guevara. Ia memajang barang-barang langka itu di toko bukunya di Houston. Dan kabarnya, barang koleksi Butler itu telah dipindahkan ke museum.

Che Guevara (eyeni.biz)

3. Jari tengah

Jari tengah Galileo Galilei juga bernasib sama. Galileo dikenal sebagai seorang revolusioner sains abad ke-17 yang telah membuat beberapa penemuan penting.

Galileo pernah dikutuk oleh Gereja Katolik karena pandangannya tentang dunia bertentangan dengan gereja saat itu. Galileo meninggal pada 1642 dan dimakamkan di sebuah ruangan kecil di Basilica, Santa Croce, Florence, Italia.

Galileo Galilei (universetoday.com)

95 tahun setelah kematiannya, tubuhnya dipindahkan ke ruang utama di basilika. Persis di bawah sebuah monumen yang didirikan untuk menghormatinya pada 1737.

Dalam proses pemindahan jasadnya, gigi dan tiga jarinya diambil oleh orang tak dikenal. Jasadnya yang tak utuh lagi itu khirnya disimpan di Museum Sejarah Ilmu Pengetahuan Florence.

Jari tengah Galileo yang dipamerkan di museum (thevintagenews.com)

4. Fragmen tengkorak

Bagian dari tengkorak seorang tokoh terkenal juga disimpan dalam museum. Tengkorak itu adalah milik Abraham Lincoln, presiden ke-16 Amerika Serikat yang tewas ditembak oleh John Wilkes Booth pada April 1865.

Lincoln tertembak saat ia menghadiri sebuah pementasan drama di Ford's Theater. Setelah penembakan, para dokter di masa itu telah berusaha untuk menyelamatkan hidupnya.

Patung Abraham Lincoln di Washington DC (mentalfloss.com)

Usaha mengeluarkan peluru yang bersarang di kepala Lincoln malah menyebabkan gumpalan darah dan salah satu bagian tengkoraknya terpaksa dilepaskan.

Fragmen yang terlepas itu tidaklah dikuburkan bersama jasad Lincoln. Fragmen itu kemudian disimpan dan dapat dilihat di Museum National Kesehatan dan Kedokteran di AS. Berikut peluru yang bersarang dan menewaskannya itu.

Ilustrasi penembakan Abraham Lincoln (smithsonianmag.com)