Daripada Pakai Sabun Pabrikan, Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini untuk Membersihkan Muka Deh!

Daripada Pakai Sabun Pabrikan, Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini untuk Membersihkan Muka Deh!

Tahukah kamu kalau mencuci muka dengan sabun atau facial wash itu terbukti berdampak buruk bagi kulit? Menghilangkan minyak dan kotoran pada wajah kita memang penting, tapi sayangnya produk yang dijual di pabrikan kebanyakan mengandung bahan kimia.

Jadi, semisal kamu punya kulit sensitif atau mau beralih ke bahan pembersih wajah alami, berikut 5 bahan yang bisa kamu gunakan!

1. Oatmeal

Oatmeal bisa berfungsi sebagai eksfoliator alami. Untuk menggunakan oatmeal sebagai pembersih, haluskan 1/4 cangkir oat utuh dan simpan dalam wadah kedap udara. Kapan pun kamu ingin menggunakannya, campurkan sedikit oat giling dengan air atau minyak hingga menjadi pasta lalu pijatkan ke kulit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

2. Lemon

Kalau kulitmu berminyak, lemon adalah pembersih yang sangat tepat. Lemon juga akan membantu menghilangkan warna kecokelatan di kulitmu. Untuk menggunakan lemon sebagai pembersih wajah, yang perlu kamu lakukan hanyalah mencampurkan jus lemon dengan sedikit susu atau yogurt lalu mengoleskannya pada wajah. Cuci wajah setelah beberapa menit, keringkan wajah, lalu oleskan pelembab.

3. Timun

Oatmeal untuk pembersih muka (bola.com)

Menggunakan jus mentimun atau ampasnya pada wajah akan membuat kulitmu kenyal berkat sifat mentimun yang mendinginkan dan melembabkan. Efek mentimun yang lembut dan mendinginkan akan mengubah kulit sensitif dan kering menjadi kulit yang sehat dan bercahaya. Timun juga bekerja dengan baik pada kulit yang berjerawat, cukup potong irisan tipis mentimun yang didinginkan dan letakkan di area yang terkena jerawat. Simpan ini selama 15-20 menit. Basuh wajah dengan air hangat, diikuti dengan air dingin untuk mendapatkan kulit yang sehat.

4. Gula

Gula dapat mengelupas dan membersihkan kulit dengan lembut. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencampurkan gula dengan sedikit air atau minyak. Kemudian pijat campuran ini ke wajah dengan gerakan memutar dan bilas dengan air. Namun pastikan kamu melakukannya dengan lembut atau jika prosesnya terlalu abrasif, kulitmu dapat teriritasi.

5. Minyak Kelapa

Timun bisa jadi pembersih wajah alami yang bagus untuk kulit (bp-guide.id)

Minyak kelapa digunakan dalam banyak produk kecantikan karena memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri. Minyak kelapa berfungsi sebagai pembersih kulit yang baik jika kamu menggunakannya dengan cara yang benar. Yaitu dengan menghangatkan sedikit minyak kelapa di telapak tangan dan mengoleskannta pada wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar. Sekarang letakkan handuk hangat di wajah selama kurang dari satu menit lalu bersihkan minyak dengan handuk tersebut. Kulitmu akan kenyal dan terhidrasi!

Itu tadi 5 bahan alami yang bisa kamu pakai di rumah untuk membersihkan wajahmu. Lebih aman dan sehat karena gak mengandung bahan kimia. Gimana, tertarik nyobain?

Minyak kelapa untuk pembersih wajah (honestdocs.id)