Cukup Pakai Teflon, Gini Resep Serabi Solo Yang Lembut Anti Gagal Sampai Bisa Digulung

Resep Serabi Solo yang bisa dibuat di rumah menggunakan teflon.

Serabi Solo  merupakan salah satu jajanan khas yang populer di kota Surakarta. Makanan ini memiliki perpaduan cita rasa yang manis dan gurih dengan tekstur yang lembut dan tidak terlalu padat di bagian tengahnya.

Tak heran kalau Serabi Solo disukai banyak kalangan. Cara membuatnya juga terbilang mudah karena menggunakan bahan yang cukup sederhana. Namun banyak yang berpikir untuk menikmati Serabi Solo kita harus pergi ke Jawa Tengah.

Padahal buat kamu yang belum sempat pergi ke Solo, kamu bisa mencoba untuk membuat camilan tradisional ini sendiri di rumah. Kamu pun tidak perlu tungku dari tanah liat untuk memasaknya serabi seperti umumnya.

Serabi Solo ini bisa dibuat hanya menggunakan teflon anti lengket yang kamu miliki di rumah. Jika tertarik untuk membuatnya, berikut resep Serabi Solo yang bisa kamu coba! Scroll artikel di bawah ini sampai habis ya!

Bahan-bahan:

- 100 gram Tepung Beras

- 1 sdm Tepung Terigu

- 30 gram Gula Pasir

- 1/2 sdt vanili bubuk

- 1/2 sdt ragi instan

- 1/4 sdt baking soda

- 1/4 sdt garam

- 350 ml Santan Kental

- 1 lembar daun pandan

- Secukupnya Meises, untuk topping

Cara Membuat Serabi Solo:

Ilustrasi Serabi Solo (Okezone)

1. Langkah pertama, masak santan dan daun pandan terlebih dahulu. Aduk kedua bahan itu sampai mendidih. Jika sudah, angkat dan diamkan santan sampai hangat.

2. Ambil sekitar 50 ml santan di bagian atasnya untuk areh, yakni santan yang akan dimasak di atas serabi nantinya. Sisihkan terlebih dahulu santan tersebut.

3. Siapkan wadah kemudian campur semua bahan kering diantaranya tepung beras, tepung terigu, gula pasir, vanili bubuk, ragi instan, baking soda dan garam. Aduk sampai rata.

4. Setelahnya, tuangkan 300 ml santan sisanya tadi sedikit demi sedikit sambil terus diaduk menggunakan whisk. Lalu, diamkan adonan selama 1 jam atau sampai berbusa.

5. Jika sudah, panaskan teflon kecil di atas api paling kecil. Lalu aduk-aduk adonan yang sudah didiamkan sebelumnya. Kalau teflon sudah panas, tuangkan 1 sendok sayur adonan ke teflon.

6. Lalu, ratakan adonan dan tutup. Cek serabi jika sudah mulai bersarang, kamu bisa menuangkan 1 sdm santan areh yang sudah disisihkan tadi ke bagian tengahnya.

7. Kemudian, beri meises secukupnya di atas adonan serabi. Kalau sudah, tutup kembali teflon dan tunggu sampai matang. Jika sudah matang, angkat dan langsung digulung selagi panas.

Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat Serabi Solo menggunakan teflon? Selamat mencoba untuk membuatnya di rumah ya!

Cara Membuat Serabi Solo (Fimela)