5 Cara Menyimpan Buah Mangga Agar Tahan Lama dan Tak Mudah Busuk, Mudah Banget Loh!

5 Cara menyimpan buah mangga supaya tidak mudah busuk, salah satunya simpan di freezer.

Buah mangga merupakan salah satu buah favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Tapi, mangga termasuk buah musiman yang tak bisa ditemukan di setiap waktu. Jadi, setiap musim buah mangga, orang kerap membelinya dalam jumlah banyak. 

Hal ini juga bertujuan agar buah tersebut bisa disimpan dan dinikmati untuk waktu yang lama. Namun terkadang, mangga bisa dengan mudah busuk. Rupanya, ini terjadi karena cara menyimpan buah mangga yang salah. 

Buah mangga bisa tahan lama asal disimpan dengan cara yang tepat. Lalu, bagaimanakah cara menyimpan buah mangga yang benar? Simak ulasannya yang sudah dirangkum di bawah ini!

1. Beli Mangga Yang Belum Terlalu Matang

Disarankan untuk memilih mangga yang sudah tua, tapi jangan terlalu matang atau belum terlalu empuk. Hal ini agar kamu bisa menyimpannya lebih lama. Sebab jika sudah sangat matang, maka tingkat ketahanannya akan menjadi sangat rendah.

Jadi, buah mangga yang matang harus langsung dimakan dan tidak perlu disimpan lagi karena bisa dengan mudah membusuk. Sebaliknya, bila masih mentah dan keras, maka akan cepat busuk atau layu serta rasanya masam dan tidak terlalu manis.

2. Kupas Dan Potong Terlebih Dahulu

Sebaiknya kupas dan potong buah mangga terlebih dahulu sebelum disimpan. Setelahnya, simpan potongan mangga di wadah stoples kedap udara. Cara ini akan membuat buah mangga menjadi tahan lebih lama hingga satu minggu di dalam kulkas. 

3. Simpan Di Kulkas

Ilustrasi Buah Mangga (Grid.ID)

Kulkas merupakan tempat terbaik untuk menyimpan buah mangga, ini berlaku untuk mangga yang sudah dikupas dan dipotong-potong. Suhu dingin di kulkas bisa menjadikan mangga lebih tahan lama selama 2 sampai 3 hari. 

Tapi ingat, sesudah dikeluarkan harus langsung dimakan, tak boleh dimasukan kembali ke kulkas. Buah mangga juga tidak boleh terlalu lama disimpan di lemari es karena bisa mengurangi kesegaran dan mengurangi kadar air di dalamnya.

4. Simpan Di Freezer

Buah mangga bisa bertahan lebih lama jika disimpan di freezer. Sama seperti buah lainnya, buah mangga yang difreezer akan memiliki daya tahan lebih dari satu minggu. Namun perlu diingat, cara penyimpanan ini biasanya membuat buah mangga tak sesegar sesaat setelah dikupas.

5. Olah Jadi Makanan Tertentu

Ilustrasi Simpan Buah Mangga Di Kulkas (SehatQ)

Bila ingin menyimpan buah mangga lebih tahan lama lagi, kamu bisa mengolahnya menjadi makanan tertentu terlebih dahulu seperti makanan kering dengan aroma mangga, jus buah mangga ataupun dibuat es krim hingga es lilin.

Demikian cara menyimpan buah mangga agar tahan lebih lama dan tidak mudah busuk. Mudah bukan? Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Ilustrasi Olahan Dari Buah Mangga (Kompas)