5 Negara Terpanas di Dunia, Indonesia Bukan Apa-Apanya

Indonesia rupanya belum sebanding dengan beberapa negara terpanas di dunia berikut ini. Berikut daftarnya!

Peningkatan suhu bumi yang menyebabkan cuaca ekstrim sedang menjadi perbincangan hangat. Berdasarkan laporan Accu Weather, hal ini dipicu oleh heatwave alias gelombang panas yang mempengaruhi sebagian besar negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Kondisi ini yang diduga menyebabkan cuaca sangat panas di Indonesia belakangan ini.

Namun meski heatwave menjadi masalah di kawasan Asia Tenggara dan Tengah, namun kondisi ini rupanya belum sebanding dengan beberapa negara terpanas di dunia yang dilaporkan oleh World Review Population. Berikut adalah kawasan terpanas di dunia, berdasarkan suhu rata-rata tahunannya:

1. Mali

Mali adalah salah satu negara terpanas di dunia, dengan suhu rata-rata tahunan yang mencapai kurang lebih 28 derajat Celsius. Hal ini dikarenakan posisinya yang dikelilingi Gurun Sahara dan Gurun Sahel, dengan curah hujan yang sangat sedikit. Pada bulan April hingga Juni, suhu di negara ini bahkan bisa mencapai 45 derajat Celcius.

2. Burkina Faso

Negara Terpanas di Dunia (via Okezone Travel)

Burkina Faso adalah negara di Afrika Barat yang juga dikenal dengan suhu yang sangat panas, dengan rata-rata suhu tahunan lebih dari 28 derajat Celciuc. Dalam kondisi ekstrim, suhu udara di sini mencapai 40 derajat Celsius, dengan musim kemarau yang panjang dan sangat kering. Curah hujannya sangat sedikit karena musim hujan biasanya hanya berlangsung sangat singkat. 

3. Kiribati

Negara Terpanas di Dunia (via CNN Indonesia)

Kiribati adalah negara kepulauan di Samudra Pasifik yang terdiri dari pulau-pulau karang. Negara ini memiliki iklim tropis dengan suhu yang sangat tinggi sepanjang tahun, sering kali mencapai 40 derajat Celsius, di mana suhu rata-rata tahunannya saja mencapai lebih dari 28 derajat Celcius. Kiribati dikenal sebagai negara terpanas di kawasan Oceania.

4. Djibouti

Negara Terpanas di Dunia (via Intisari Online)

Djibouti adalah negara kecil di Afrika Timur yang terkenal dengan kondisi panas dan gersangnya, dengan suhu rata-rata tahunan mencapai 28 derajat. Suhu di Djibouti dapat mencapai lebih dari 40 derajat Celsius, bahkan bisa mencapai 50 derajat Celcius selama musim panas.

5. Tuvalu

Negara Terpanas di Dunia (via detikcom)

Tuvalu adalah negara kepulauan di Samudra Pasifik yang juga memiliki suhu yang sangat panas sepanjang tahun. Terletak di kawasan tropis, suhu rata-rata tahunan di Tuvalu mencapai 28 derajat Celsius sehingga membuat kawasan ini selalu hangat sepanjang tahun.

Meskipun keindahan alamnya mungkin menakjubkan, negara-negara ini juga menawarkan tantangan bagi penduduknya karena suhu yang sangat tinggi  sepanjang tahun. Dengan suhu rata-rata tahunan yang melebihi 30 derajat Celsius, negara-negara ini menjadi salah satu destinasi yang paling panas di dunia. Bisa dibayangkan betapa panasnya kondisi di sana.

Negara Terpanas di Dunia (via Republika)