Harganya Makin Meroket, Begini Cara Memulai Investasi Emas dengan Budget Terbatas

Ternyata ada beberapa cara memulai investasi emas dengan budget terbatas. Simak penjelasannya!

Banyak pihak setuju bahwa investasi emas sering dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk melindungi kekayaan dalam jangka panjang. Terlebih harganya terbukti mengalami kenaikan signfikan selama beberapa tahun terakhir sehingga banyak orang berbondong-bondong menjadikannya pilihan investasi.

Meski demikian, harus diakui bahwa investasi emas di masa sekarang memang tak bisa dibilang mudah. Banyak orang mengaku kesulitan memulai investasi emas karena keterbatasan budget, di mana saat ini harga per gram sudah mencapai lebih dari Rp1,3 juta. Tapi jangan khawatir karena ada beberapa cara memulai investasi emas dengan budget terbatas. Simak penjelasannya!

Mulai dengan Gramasi Kecil

Kamu tidak perlu membeli batangan emas besar untuk memulai investasi. Sebaliknya, belilah pecahan emas, seperti koin atau balok kecil, yang sesuai dengan budget. Ini memungkinkanmu untuk memulai investasi dengan jumlah yang lebih kecil dan secara bertahap membangun portofolio emas seiring waktu.

Saat ini sudah banyak tersedia emas mini dengan gramasi sangat kecil, mulai dari 0,001. Meski demikian, sebaiknya kaji lagi jika ingin membeli dengan gramasi sangat kecil karena harganya tentu terlalu mahal untuk investasi. Minimal kamu sebaiknya membeli gramasi 0,1 yang harganya berkisah Rp100 ribuan dan diterbitkan oleh penyedia emas resmi seperti Antam atau UBS.

Cicil Emas

Investasi Emas dengan Budget Terbatas (via IDX Channel)

Beberapa toko emas dan perusahaan investasi emas menawarkan opsi untuk membayar emas secara cicilan. Kamu dapat memilih gramasi yang diinginkan untuk investasi dan membayarnya dengan mencicil. Harga yang dibebankan akan disesuaikan dengan trend yang berlaku saat kamu melakukan akad sehingga kamu benar-benar harus memilih waktu yang tepat. 

Namun kelemahan cicil emas adalah adanya biaya administrasi yang mungkin muncul. Pastikan untuk memeriksa suku bunga dan biaya yang terkait dengan program cicilan ini sebelum mendaftar, dan pastikan untuk memilih program yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan. Beberapa perusahaan yang menyediakan layanan ini antara lain adalah Cicil Emas Pegadaian atau Brankas LM oleh Antam.

Beli Emas Non-Fisik

Investasi Emas dengan Budget Terbatas (via CNBC Indonesia)

Berbagai platform investasi emas non-fisik menawarkan opsi untuk membeli emas dalam jumlah kecil secara berkala. Kamu dapat mengatur pembelian otomatis bulanan atau mingguan, yang memungkinkan untuk secara konsisten menambah investasi emas tanpa harus mengeluarkan jumlah besar uang sekaligus. Keunggulan invetasi online adalah kamu bisa melakukan investasi dengan nominal sangat kecil, mulai dari Rp5000. Jumlah yang dibayarkan akan diakumulasikan sebagai saldo dan tentunya akan berkembang seiring kenaikan harga emas. 

Dengan modal terbatas, ini adalah cara yang baik untuk memanfaatkan cost averaging dan secara bertahap membangun kepemilikan emas. Investasi emas online bisa didapatkan di Pegadaian, Pluang, atau melalui marketplace seperti BukaLapak, Tokopedia, hingga Shopee. Harga yang ditawarkan biasanya lebih rendah dari emas Antam karena pembeli tidak memiliki emas secara fisik. Emas online biasanya mudah dibeli dan dicairkan sewaktu-waktu. 

Demikian beberapa cara memulai investasi emas dengan budget terbatas. Untuk memaksimalkan investasi, penting untuk tetap peka terhadap pergerakan harga emas. Manfaatkan kesempatan untuk membeli emas saat harga sedang turun atau berada pada level yang terjangkau. 

Selain itu, pertimbangkan untuk menjual emas ketika harga sedang tinggi untuk mengoptimalkan potensi keuntungan. Tetaplah memantau tren pasar dan berita ekonomi demi membuat keputusan yang lebih baik. Namun ingat, investasi  emas mungkin tidak memberikan hasil yang instan karena pergerakan emas umumnya bergerak lambat namun pasti meningkat.

Investasi Emas dengan Budget Terbatas (via UBSLifestyle)