Wajib Dihindari, Ini 5 Hal yang Mempersulit Pemeriksaan di Bandara

Ketika bepergian menggunakan pesawat terbang, kamu wajib memahami hal-hal yang mempersulit pemeriksaan di Bandara.

Ketika bepergian menggunakan pesawat terbang, kamu wajib memahami hal-hal yang mempersulit pemeriksaan di bandara. Hal ini betujuan agar rencana liburanmu bisa berjalan baik dan bisa sampai di tujuan tepat waktu. Meski kamu sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan teliti, tetapi ada hal-hal tak terpikirkan yang bisa membuat tertahan lama di bandara. Sehingga membuat rencana perjalananmu menjadi kacau balau.

Lantas, hal-hal apa saja yang bisa mempersulit pemeriksaan di bandara? Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah daftarnya.

1. Barang Terlarang

Hal yang bisa mempersulit kamu saat melewati pemeriksaan bandara adalah membawa barang terlarang. Barang-barang tersebut antara lain seperti pisau lipat, benda tajam, dan benda lain yang dianggap membahayakan. Tidak hanya itu, alat elektronik yang tidak bersertifikat juga bisa disita oleh petugas bea cukai yang ada di bandara, lho.

2. Uang dalam Jumlah Besar

Mempersulit Pemeriksaan di Bandara (via Travel Kompas)

Sebagian negara melarang para penumpang membawa uang dalam jumlah besar saat akan terbang. Selain uang, turis juga wajib melaporkan jika membawa barang-barang berharga seperti pakaian mewah, perhiasan, dan barang elektronik bernilai tinggi.

3. Obat-Obatan

Mempersulit Pemeriksaan di Bandara (via IDX Channel)

Selanjutnya, obat-obatan juga dilarang untuk dibawa saat terbang. Pada tahun 2022, Badan Pengawas Narkotika Internasional telah menerbitkan daftar peraturan perjalanan seputar obat-obatan yang mengandung zat yang dikendalikan. Jika kamu terpaksa membawa obat-obatan, maka kamu harus memastikan bahwa bahan-bahan pembuat obat-obatan tersebut diizinkan di negara tujuan.

4. Alkohol

Mempersulit Pemeriksaan di Bandara (via Okezone Economy)

Bagi sebagian orang, minum alkohol mungkin bisa menenangkan saraf sebelum terbang. Namun hal tersebut memiliki konsekuensi yang serius dan berpotensi menyebabkan penundaan atau masalah lainnya selama perjalanan udara.

Bahkan mabuk sebelum penerbangan merupakan pelanggaran terhadap Peraturan Penerbangan Federal (FAR). Karena itu, petugas punya hak menghentikan penumpang yang sedang mabuk sebelum naik ke dalam pesawat.

5. Benda Logam atau Tajam

Mempersulit Pemeriksaan di Bandara (via Peakwine)

Benda tajam atau terbuat dari logam pisau, gunting, atau alat-alat lainnya akan disita di bandara karena dapat digunakan sebagai senjata potensial untuk menyebabkan kerusakan atau bahkan kecelakaan di dalam pesawat atau bandara. Dengan mencegah masuknya benda-benda logam dan senjata tajam ke dalam bandara, pihak keamanan dapat mengurangi risiko terjadinya tindakan kriminal seperti perampokan atau penyerangan.

Kalau ingin perjalananmu lancar, hal-hal yang mempersulit pemeriksaan bandara  tadi wajib kamu hindari ya. Perhatikan aturan dengan teliti dan persiapkankan semuanya dengan baik. Jangan sampai lupa dan justru terjebak di bandara.

Mempersulit Pemeriksaan di Bandara (via detikcom)