Waspada Ciri-ciri Orang yang Memelihara Tuyul, Orang Dekatmu Ada yang Kayak Gini?

Berikut adalah beberapa ciri-ciri orang yang memelihara tuyul yang perlu kamu waspadai. Apa saja?

Dalam kepercayaan orang Indonesia, tuyul adalah makhluk halus yang dipercaya bisa menjadi salah satu sarana pesugihan. Makhluk ini disebut bisa membuat majikannya kaya namun dengan mencuri uang orang lain. Keberadaannya pun sering menjadi bagian dari kepercayaan dan cerita rakyat di Indonesia. 

Meskipun keberadaannya tidak dapat dibuktikan secara ilmiah, banyak yang masih mempercayai adanya tuyul dan bahkan diyakini bahwa orang-orang tertentu memiliki kemampuan untuk memelihara atau mengendalikan mereka. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa ciri-ciri orang yang memelihara tuyul:

1. Tampak Kurus dan Pucat

Orang yang memelihara tuyul seringkali tampak kurus dan pucat. Mereka mungkin mengalami penurunan berat badan yang signifikan tanpa alasan yang jelas, atau memiliki kulit yang terlihat pucat dan lesu karena energinya tersedot oleh tuyul. 

2. Jalannya Membungkuk

Ciri khas lain dari orang yang memelihara tuyul adalah jalannya yang membungkuk atau cenderung tidak tegap. Mereka mungkin terlihat membungkuk saat berjalan atau duduk, menunjukkan sikap yang kurang percaya diri atau kurangnya energi. Menurut kepercayaan, hal ini dikarenakan dia menggendong tuyul ke mana-mana. Biasanya hal ini juga ditandai dengan tangan yang bersendekap di punggung saat berjalan.

3. Memancarkan Aura Negatif

Orang yang memelihara tuyul sering kali terlihat memiliki aura yang negatif atau gelap. Mereka dapat terlihat murung, cemas, atau sering menunjukkan ekspresi wajah yang sedih atau marah. Bahkan ketida kamu berkunjung ke rumahnya, semua tampak suram dan gelap. Hal ini kemungkinan berkaitan dengan kecenderungan tuyul yang dipercaya menghisap energi pemiliknya. 

4. Suka Berkunjung ke Tempat-tempat Ramai

Ciri-Ciri Orang Memelihara Tuyul (via detikcom)

Meskipun memiliki aura negatif, orang yang memelihara tuyul sering kali suka berkunjung ke tempat-tempat ramai. Mungkin mereka mencari perhatian atau mencari kesibukan untuk mengalihkan perhatian dari kegiatan mereka yang sebenarnya.

5. Memiliki Ruang Rahasia di Rumah

Ciri khas lain dari orang yang memelihara tuyul adalah mereka memiliki ruang rahasia di rumah mereka. Ruangan ini mungkin tersembunyi dari pandangan orang lain dan digunakan untuk melakukan ritual atau kegiatan terkait dengan memelihara tuyul. 

Hal ini bisa diketahui saat kamu berkunjung ke rumahnya. Jika ada ruangan khusus yang tidak boleh dimasuki siapapun selain dirinya, maka hal ini patut dicurigai. Meski demikian belum tentu juga perilaku ini menunjukkan orang tersebut punya tuyul.

6. Menyediakan Sesajen di Rumah

Ciri-Ciri Orang Memelihara Tuyul (via Klik Media Network)

Layaknya pesugihan pada umumnya, orang yang memelihara tuyul sering kali menyediakan sesajen di rumah mereka. Mereka mungkin melakukan upacara atau memberikan persembahan kepada tuyul untuk mendapatkan perlindungan atau kekuatan.

7. Gonta-ganti Pasangan

Orang yang memelihara tuyul sering kali mengalami masalah dalam hubungan percintaan. Mereka mungkin sering gonta-ganti pasangan atau mengalami masalah yang tidak biasa dalam hubungan mereka. Namun kepercayaan yang paling diyakini adalah bahwa tuyul akan meminta makan dengan cara menyusu pada perempuan. 

Namun bukan ASI, yang dihisap adalah darah si perempuan. Hal ini membuat perempuan tersebut mudah jatuh sakit hingga meninggal. Bahkan jika dia bisa bertahan hidup, dia akan memilih untuk pergi dan meninggalkan suaminya yang memilihara tuyul. Hal ini membuat majikan tuyul harus mencari pasangan baru.  

Meskipun keberadaan tuyul  masih menjadi misteri bagi banyak orang, beberapa ciri-ciri di atas sering kali dikaitkan dengan orang yang diyakini memelihara tuyul. Namun, perlu diingat bahwa kepercayaan ini bersifat subjektif dan tidak dapat dipastikan kebenarannya. Oleh karena itu, bijaksanalah dalam menilai orang lain dan selalu pertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi perilaku dan penampilan seseorang.

Ciri-Ciri Orang Memelihara Tuyul (via IDN Times)