Jangan Bingung, Ini Daftar Istilah dalam Penerbangan yang Sering Didengar di Bandara

Untuk kamu yang tidak familiar mengendarai pesawat, ada beberapa istilah penerbangan yang sering didengar lho. Apa saja ya?

Ada sejumlah istilah dalam penerbangan yang sering didengar di bandara dan wajib banget dipahami, terutama buat kamu yang berpergian menggunakan moda transportasi pesawat. Jika kamu tidak memahami istilah tersebut, bisa-bisa kamu ketinggalan informasi saat di bandara.

Pesawat merupakan salah satu moda transportasi umum yang banyak diminati karena kenyamanan dan kecepatannya. Jadi nggak salah kalau bandara menjadi salah satu tempat paling ramai saat menjelang musim liburan. Buat kamu yang sering berpergian menggunakan pesawat, ada baiknya memahami istilah dalam penerbangan berikut ini. Apa saja ya?

1. Check-in

Kamu pasti pernah mendengar istilah check-in ketika memesan kamar hotel. Namun check in yang satu ini beda lagi. Ketika kamu diminta untuk check in, kamu harus memperlihatkan tiket beserta kartu identitas yang kemudian kamu akan mendapatkan boarding pass untuk terbang. Check-in bisa dilakukan secara mandiri menggunakan mesin atau bisa dilakukan secara online pada satu atau dua hari sebelum keberangkatan. 

2. Boarding Pass

Istilah dalam Penerbangan (via kumparan)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, setelah melakukan check-in kamu akan mendapatkan boarding pass. Nah, kamu juga harus paham apa yang dimaksud dengan boarding pass.  

Boarding pass merupakan dokumen resmi yang memberimu akses menuju pesawat. Di dalam boarding pass terdapat sejumlah informasi penting, yakni nomor penerbangan, kursi, dan gerbang keberangkatan.

3. Boarding

Istilah dalam Penerbangan (via Travel + Leisure)

Berbeda dengan boarding pass, ada pula istilah boarding yang berarti waktu ketika penumpang naik ke dalam pesawat. Pada saat boarding, petugas akan melakukan pemeriksaan dokumen penerbangan yang kamu punya dan menunjukkan arah masuk pintu pesawat.

Biasanya kamu sudah harus berada di ruang tunggu 30 menit sebelum boarding. Karena itu, dalam tiket pesawat penumpang dianjurkan melakukan check-in 2 jam sebelum keberangkatan.

4. Departure dan Arrival

Istilah dalam Penerbangan (via Baller Indonesia)

Kalau istilah yang satu ini kamu jangan sampai salah ya. Departure merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan tempat pemberangkatan pesawat. Sedangkan arrival adalah istilah yang digunakan untuk untuk menunjukkan tempat kedatangan penumpang. Tenang saja, papan departure dan arrival berada di lokasi yang berbeda. Jadi harusnya kamu nggak akan tertukar.

5. Delay dan Reschedule

Istilah dalam Penerbangan (via LinkedIn)

Terakhir, ada istilah delay dan reschedule. Delay merupakan istilah yang digunakan untuk menginformasikan penundaan jadwal keberangkatan pesawat. Umumnya ketika keberangkatan pesawat harus delay, maka maskapai akan memberikan kompensasi sebagai bentuk tanggung jawab kepada penumpang.

Sementara reschedule adalah penjadwalan ulang waktu keberangkatan. Biasanya hal ini dilakukan pesawat sebagai bentuk kompensasi jadwal keberangkatan yang delay terlalu lama dan tidak memungkinkan untuk berangkat saat itu.

Itulah tadi beberapa istilah dalam penerbangan yang sering didengar di bandara . Jadi mulai sekarang jangan bingung lagi, ya. Selamat berlibur dan hati-hati selama perjalanan ya!

Istilah dalam Penerbangan (via Kompas.com)