Tips Staycation Anti Boros yang Bikin Rekening Aman Selama Liburan

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa staycation tanpa harus khawatir soal uang. Bagaimana ya tipsnya?

Saat ini staycation merupakan alternatif lain yang sering menjadi pilihan banyak orang untuk mengusir kepenatan di tengah kesibukan yang menguras pikiran dan tenaga. Kalau kamu termasuk salah satunya, kamu wajib tahu tips staycation anti boros yang bikin rekening kamu aman, tetapi membuat hati tetap senang.

Sebenarnya staycation nggak harus dilakukan di hotel mewah dengan fasilitas yang super lengkap. Namun kegiatan satu ini dapat dilakukan di tempat yang bisa disesuaikan dengan budget, seperti menginap di villa atau glamping. Buat kamu yang ingin staycation maksimal dengan budget minimal, yuk simak tips berikut ini ya.

1. Tentukan Budget

Menentukan budget staycation akan memberikan gambaran berapa besar pengeluaran dan bagaimana budget tersebut digunakan secara efektif. Mulai dengan mencatat semua pengeluaran staycation, seperti akomodasi, makanan, hingga transportasi.

Jumlahkan semua pengeluaran tersebut agar kamu tahu berapa dana yang harus kamu siapkan. Kalau ternyata budget kamu belum cukup, maka kamu bisa mengganti beberapa hal dengan opsi yang lain.

2. Cari Tempat Staycation yang Sesuai Budget

Tips Staycation Anti Boros (via BP Guide)

Setelah menentukan berapa budget staycation kamu, barulah cari tempat staycation yang sesuai dengan anggaran tersebut. Misalnya, budget kamu hanya Rp5 juta untuk menginap di daerah Batu Malang, artinya kamu harus mencari hotel atau villa dengan harga tersebut. Jangan lupa bandingkan terlebih dahulu fasilitas penginapan satu dengan yang lain agar staycation kamu tetap nyaman meski dengan budget minimal.

3. Pilih Waktu yang Tepat

Tips Staycation Anti Boros (via Dailyhotels.id)

Jika kamu ingin menghemat biaya staycation, sebaiknya pilih waktu liburan yang tepat. Jangan staycation saat high season, tentu harga penginapan akan jauh lebih mahal. Lebih baik, pilih waktu-waktu low season yang memungkinkan kamu mendapatkan harga jauh lebih murah yang biasanya disertai dengan banyak promo lainnya.

Kalau dalam waktu dekat kamu ingin staycation, kamu bisa banget nih menerapkan tips staycation  anti boros yang tadi sudah disebutkan. Bahkan kamu juga bisa mengajak saudara atau teman biar bisa patungan, jadi jauh lebih murah kan?

Tips Staycation Anti Boros (via Medcom.id)