Tanda-tanda Skincare Tidak Cocok yang Sering Diabaikan, Wajah Bisa Makin Gelap

Kenali tanda-tanda skincare tidak cocok yang sering diabaikan berikut ini agar kulit tidak semakin bermasalah.

Rutinitas skincare  yang tepat adalah kunci mendaparkan kulit yang sehat. Sayangnya, banyak orang yang tanpa sadar menggunakan produk tidak tepat sehingga hasilnya juga tidak maksimal. Agar tidak semakin bermasalah, kenali tanda-tanda skincare tidak cocok yang sering diabaikan berikut ini: 

1. Muncul Rasa Gatal

Salah satu tanda paling jelas bahwa skincare tidak cocok adalah munculnya rasa gatal setelah penggunaan produk. Ini bisa terjadi karena bahan-bahan dalam produk tersebut terlalu keras atau mengiritasi kulit. Jika merasa gatal setelah menggunakan produk skincare tertentu, hentikan penggunaannya segera dan cari produk yang lebih cocok untuk kulit.

2. Kulit Jadi Lebih Gelap

Tanda Skincare Tidak Cocok (via Kompas)

Jika kamu melihat bahwa kulit menjadi lebih gelap setelah menggunakan produk skincare tertentu, ini bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut tidak cocok. Hal ini terutama sering terjadi jika produk tersebut mengandung bahan-bahan yang menyebabkan hiperpigmentasi atau iritasi. 

3. Jerawatan atau Breakout

Tanda Skincare Tidak Cocok (via VOI)

Munculnya jerawat atau breakout setelah menggunakan produk skincare baru adalah tanda yang jelas bahwa produk tersebut tidak cocok. Bahan dalam produk tersebut kemungkinan menyumbat pori-pori atau mengganggu keseimbangan minyak alami kulit sehingga menimbulkan peradangan dan masalah kulit lainnya. 

Meski demikian, jangan langsung menghentikan pemakaian. Dalam beberapa kasus, breakout juga bisa menjadi tanda skincare sedang bekerja. Coba atasi dulu dengan obat jerawat. Namun jika kondisi ini tidak hilang dan berlanjut hingga dua minggu, berarti produk memang tidak cocok. 

4. Muncul Iritasi atau Ruam

Tanda Skincare Tidak Cocok

Iritasi atau ruam adalah tanda lain bahwa skincare tidak cocok karena bahan-bahan dalam produk tersebut terlalu kuat atau sensitif terhadap kulit. Jika mengalami iritasi atau ruam setelah menggunakan produk skincare tertentu, hentikan penggunaannya segera dan konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

5. Perubahan Kondisi Kulit

Tanda Skincare Tidak Cocok (via Merdeka)

Selain gejala yang jelas seperti iritasi atau jerawat, perubahan kondisi kulit secara keseluruhan juga bisa menjadi tanda skincare tidak cocok. Misalnya jika kulit lebih reaktif, lebih berminyak, atau lebih kering setelah menggunakan produk tertentu, ini bisa menjadi indikasi bahwa produk tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan kulit. 

Jika mengalami salah satu dari tanda-tanda di atas setelah menggunakan produk skincare  tertentu, jangan ragu untuk menghentikan penggunaannya dan mencari produk yang lebih cocok untuk kulit. Konsultasikan dengan dokter kulit jika memiliki masalah kulit yang persisten atau tidak yakin tentang produk apa yang cocok.

Tanda Skincare Tidak Cocok (via Haibunda)