7 Tips Pemulihan Setelah Operasi Caesar, Sembuh Nggak Pakai Lama

Untuk para ibus yang baru saja menyelesaikan operasi caesara, ada beberapa tips untuk mempercepat pemulihan. Apa saja tipsnya?

Mengetahui tips pemulihan setelah operasi caesar adalah langkah penting bagi setiap ibu yang baru saja menjalani prosedur ini. Meskipun prosedur caesar seringkali diperlukan untuk keamanan ibu dan bayi, proses pemulihan setelahnya memerlukan perhatian khusus agar sang ibu bisa pulih dengan cepat tanpa komplikasi. Kamu dapat mempercepat proses pemulihan ini dengan mengikuti beberapa tips berikut. 

1. Menjaga Kebersihan Luka Operasi

Salah satu kunci utama dalam tips pemulihan setelah operasi caesar adalah menjaga kebersihan luka operasi. Kamu harus pastikan untuk rutin mengganti perban luka dengan mencuci tangan lebih dulu sebelum menyentuh area operasi untuk mencegah infeksi. Jangan lupa mintalah bantuan orang lain yang kamu percaya dapat membantumu menjaga kebersihan luka operasimu.

2. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Tips Pemulihan Setelah Operasi Caesar (via Alodokter)

Asupan nutrisi yang baik sangat penting untuk mempercepat pemulihan. Kamu bisa memilih makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, terutama vitamin C dan protein, yang dapat membantu proses penyembuhan. Hindari makanan yang dapat menyebabkan perut kembung atau gangguan pencernaan.

3. Istirahat yang Cukup

Tips Pemulihan Setelah Operasi Caesar (via Realfood)

Istirahat yang cukup adalah kunci utama dalam tips pemulihan setelah operasi caesar. Kamu perlu memberikan waktu bagi tubuhmu untuk pulih sepenuhnya. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain dalam melakukan tugas sehari-hari agar kamu bisa fokus pada pemulihanmu.

4. Lakukan Aktivitas Fisik yang Ringan

Tips Pemulihan Setelah Operasi Caesar (via Beautynesia)

Meskipun istirahat penting, melakukan aktivitas fisik yang ringan juga dapat membantu mempercepat pemulihan. Kamu bisa melakukannya secara perlahan-lahan mulai dari beberapa latihan ringan seperti berjalan-jalan di sekitar rumah. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai aktivitas fisik apa pun.

5. Hindari Aktivitas Berat

Tips Pemulihan Setelah Operasi Caesar (via iStock)

Tips pemulihan setelah operasi caesar ini masih terkait dengan anjuran sebelumnya. Setelah kembali ke rumah, disarankan untuk menunda aktivitas dan kegiatan berat selama beberapa minggu pertama setelah operasi caesar.

Beberapa contohnya, seperti menghindari mengangkat keranjang laundry berat, melakukan kegiatan beres-beres rumah yang membutuhkan tenaga ekstra, menggeser dan mendekor ulang perabotan rumah, serta berjalan-jalan terlalu jauh. 

6. Mengenakan Pakaian Longgar

Tips Pemulihan Setelah Operasi Caesar (via WowKeren)

Gunakanlah pakaian rumah yang longgar karena memakai pakaian ketat hanya akan menutup luka, membuat bekas jahitan caesar sulit untuk kering dan sembuh. Pakaian yang longgar memberikan ruang bagi luka untuk bernapas dan mengurangi gesekan dengan jahitan. 

7. Memeriksakan Secara Rutin

Tips Pemulihan Setelah Operasi Caesar (via Yesdok)

Rutin menjalani pemeriksaan kesehatan dengan dokter sangat penting dalam fase pemulihan ini. Dokter akan memantau perkembangan dan memberikan saran atau perubahan jika diperlukan.

Dengan mematuhi tips pemulihan setelah operasi  caesar, kamu dapat memastikan pemulihan setelah operasi caesar berjalan dengan lancar dan cepat. Ingatlah bahwa setiap individu memiliki tempo pemulihan yang berbeda, jadi dengarkan tubuhmu dan konsultasikan setiap perubahan atau kekhawatiran dengan doktermu. Semoga kamu segera pulih sepenuhnya dan dapat menikmati momen-momen berharga bersama buah hatimu.

Tips Pemulihan Setelah Operasi Caesar (via news24.co.id)