Beragam Jenis-jenis Dimsum Kukus yang Wajib Kamu Coba Ketika Mengunjungi Restoran Tiongkok

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan dimsum. Namun, tahukah kamu bahwa ada berbagai macam dimsum mulai dari yang dikukus hingga digoreng?

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan dimsum, hidangan lezat asal Tiongkok yang telah menyebar ke seluruh dunia. Dimsum menjadi salah satu pilihan favorit bagi banyak orang ketika mencari hidangan ringan dan menggugah selera.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beragam jenis-jenis dimsum mulai dari yang dikukus hingga digoreng dan sudah terkenal ke seluruh dunia? Untuk lebih mengenal apa saja macam dimsum kukus yang ada, yuk simak informasi berikut:

1. Siu Mai atau Shumai

Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang shumay atau biasa disebut siomay, salah satu dimsum paling terkenal. Siomay terbuat dari campuran daging cincang seperti babi, ayam, atau udang yang dibungkus dengan kulit pangsit tipis dan kemudian dikukus. Hidangan ini biasanya disajikan dengan berbagai saus, mulai dari saus kacang dan kecap manis atau saus asam manis pedas.

2. Har Gow atau Hakau

Jenis-jenis Dimsum (via Eat Cho Food)

Jika kamu menginginkan sesuatu yang lebih ringan, hakau adalah pilihan yang sempurna. Hakau adalah dimsum berisi udang segar yang dibungkus dengan kulit pangsit transparan yang tipis. Bentuk dimsum ini mirip bulan sabit dengan kulit yang tembus pandang setelah dikukus. Dimsum ini menjadi favorit banyak orang karena kesegarannya.

3. Char Siu Bao

Jenis-jenis Dimsum (via Tasting Table)

Bagi pecinta daging, char siu bao adalah pilihan yang sempurna. Dimsum ini biasanya berisi daging babi panggang yang dimasak dalam saus manis. Char siu bao memiliki kulit yang lembut dan empuk, membuatnya menjadi camilan yang wajib dicoba jika berkunjung ke restoran Tiongkok.

4. Cheong Fun

Jenis-jenis Dimsum (via Eat, Little Bird)

Jika kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda, cheong fun adalah pilihan yang menarik. Dimsum ini dibuat adalah gulungan tepung beras yang lembut dan licin, biasanya diisi dengan udang, daging babi, atau sayuran.

Kulit tepung beras ini sepintas mirip dengan kwetiau, hanya saja cheong fun memiliki potongan lebih lebar. Dimsum ini sering disajikan dengan kuah kecap asin, asam manis atau saus hoisin.

5. Xiao Long Bao

Jenis-jenis Dimsum (via My Lovely Recipes)

Jika kamu menyukai sensasi dimsum yang meledak di mulut, xiao long bao adalah pilihan yang tepat. Dimsum ini berisi kuah kaldu panas yang lezat, serta campuran daging ayam, udang atau kepiting cincang dan rempah-rempah. Xiao long bao memiliki kulit yang tipis dan kenyal, sehingga saat dimakan kuah kaldu yang lezat akan langsung menyebar di mulut.

6. Lo Mai Gai

Jenis-jenis Dimsum (via iStock)

Di antara bermacam-macam dimsum yang dibungkus dengan kulit dari adonan tepung, dimsum yang satu ini berbeda. Lo mai gai atau nasi daun teratai adalah hidangan nasi ketan dengan isian ayam, udang, jamur, bebek, dan telur asin yang dibungkus dengan daun bunga teratai.

Nasi dan isiannya tidak lupa dibumbui dengan bumbu rempah sehingga akan meresap ke nasi dan isiannya saat dikukus. Daun bunga teratai juga menambah aroma yang lezat dengan cita rasa nasi ketan yang manis dan gurih.

7. Fung Zau

Jenis-jenis Dimsum (via The Spruce Eats)

Fung Zao atau ceker ayam adalah hidangan dimsum yang sedikit berbeda karena tanpa dibungkus oleh kulit dimsum seperti yang lain. Ceker ayam ini direbus lebih dulu lalu dimarinasi dengan berbagai bumbu kemudian dikukus dengan bawang putih dan minyak wijen yang sudah ditumis hingga mengental. Hidangan ini banyak disukai karena lunak dan mengandung banyak kolagen.

Itulah jenis-jenis dimsum  yang dapat kamu temukan di berbagai restoran Tiongkok di seluruh dunia. Dari yang berisi daging hingga udang, setiap dimsum memiliki cita rasa dan tekstur yang unik. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi ragam dimsum yang ada dan temukan favoritmu sendiri!

Jenis-jenis Dimsum (via Tokopedia)