Begini Penjelasan Dokter Soal Penyebab Jerawat di Dagu

Begini Penjelasan Dokter Soal Penyebab Jerawat di Dagu

Jerawat memang bisa muncul di bagian mana pun pada wajah kita. Salah satunya adalah pada area dagu. Tentu kondisi ini membuat penderitanya jadi gak peraya diri. Lantas, apa sih yang menyebabkan munculnya jerawat di dagu? Berikut penjelasannya menurut dokter.

1. Hormon

Meningkatnya hormon androgen khususnya testoteron, biasanya akan membuat kelenjar minyak di wajah semakin berlebihan. Umumnya kondisi ini banyak dialami oleh remaja yang baru pubertas, wanita hamil atau penderita polycystic ovary syndrome (PCOS). Minyak yang berlebih inilah yang kemudian menyumbat pori dan bakteri sehingga menimbulkan peradangan berupa jerawat.

"Hormon seringkali menjadi penyebab jerawat di dagu dan rahang Anda," kata Dr. Amanda Doyle, MD, seorang dermatologis sekaligus member Women's Dermatologic Society, dilansir dari Health.

2. Kebiasaan tidak sehat

Ilustrasi orang jerawatan (via beautynesia)

Tidak menjaga kebersihan dengan baik pada wajah juga bisa jadi penyebab munculnya jerawat. Contohnya, jika kamu malas mencuci atau membersihkan wajah 2 kali sehari, hal ini akan membuat pori-porimu tersumbat.

Lalu keseringan menyentuh wajah dengan kondisi tangan kotor juga bisa memicu munculnya banyak bakteri di area wajah. Apalagi kalo kamu sering memakai makeup yang menyumbat pori atau tak sesuai dengan jenis kulit.

3. Kurang tidur dan stres

Kedua kondisi ini juga sangat berperan besar pada kemunculan jerawat di dagu, lho. Sebab, saat tubuh mengeluarkan lebih banyak androgen dari biasanya ketika kamu sedang stres. Androgen inilah yang kemudian merangsang kelenjar sebaceous sehingga membuat kulit lebih gampang berminyak.

Ilustrasi orang jerawatan (via beautynesia)