Unik dan Memanjakan Lidah, Inilah 4 Makanan khas Gorontalo yang Wajib Kamu Coba

Kamu akan terpesona dengan ragam makanan khas Gorontalo yang menggoda lidah dan menggugah selera di setiap kunjungan ke daerah ini.

Gorontalo, sebuah provinsi yang terletak di bagian utara Pulau Sulawesi, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kekayaan kuliner tradisionalnya yang lezat dan unik. Kamu akan terpesona dengan ragam makanan khas Gorontalo yang menggoda lidah dan menggugah selera di setiap kunjungan ke daerah ini.

Bagi kamu yang berencana mengunjungi Gorontalo, jangan lewatkan kesempatan mencicipi aneka masakan dan camilan lezat yang hanya akan kamu temukan di sini. Inilah beberapa makanan khas Gorontalo yang wajib kamu coba saat berkunjung.

1. Sayur Putungo

Sayur Putungo merupakan masakan khas Gorontalo yang terbuat dari jantung pisang. Masakan tradisional ini memiliki varian pengolahan yang berbeda-beda, tergantung dari menu yang disajikan.

Pengolahan sayur putungo bisa berupa tumisan, santan, bahkan sebagai lalapan mentah yang disajikan dengan sambal dan jagung. Kombinasi terbaik adalah saat menyantap sayur putungo bersama nasi atau bisa juga dengan milu atau jagung yang direbus atau dibakar.

2. Illabulo

Makanan khas Gorontalo (via FiberCreme)

Makanan khas Gorontalo, Illabulo, memiliki tampilan seperti pepes. Namun ternyata cita rasa Illabuo jauh berbeda. Makanan ini terbuat dari campuran sagu, hati ayam, dan kadang-kadang disertai dengan telur puyuh serta lemak sapi, yang dibumbui rempah-rempah pedas serta biasanya menggunakan santan.

Illabulo dibungkus dalam daun pisang sebelum dikukus atau dipanggang dan biasa disajikan sebagai hidangan makan siang oleh masyarakat Gorontalo.

3. Binte Biluhuta

Makanan khas Gorontalo (via Tribun Travel)

Binte Biluhuta, terbuat dari jagung yang dicampur dengan udang dan suwiran ikan cakalang, disiram dengan kuah kaldu berbumbu rempah-rempah khas Gorontalo. Makanan ini juga biasa ditambah dengan irisan daun bawang, tomat, kemangi, dan cabai sehingga menambah kaya cita rasanya. 

4. Lalampa

Makanan khas Gorontalo (via Masak Apa Hari Ini?)

Lalampa adalah camilan tradisional Gorontalo yang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang hingga matang yang sepintas mirip lemper. Bedanya, lalampa menggunakan santan sehingga membuat rasanya lebih gurih. Camilan ini memiliki tekstur yang kenyal dan aroma wangi dari daun pisang. Lalampa sering disajikan sebagai hidangan penutup di berbagai kesempatan.

Wah, ternyata seru juga ya kulineran di kawasan Gorontalo ! Dengan keanekaragaman hidangannya yang kaya akan cita rasa dan aroma yang memikat, makanan khas Gorontalo tidak hanya memuaskan perut, tetapi juga semakin memperkaya pengalaman kulinermu. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner yang autentik ini saat berkunjung ke Gorontalo! Yuk atur perjalananmu ke sana!

Makanan khas Gorontalo (via detikFood)