5 Manfaat Mengonsumsi Kombucha untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya memberikan sensasi rasa yang unik, manfaat kombucha bagi kesehatan ternyata sangat banyak.

Kombucha, minuman fermentasi yang kaya akan nutrisi dan rasa, telah menjadi sorotan bagi pegiat gaya hidup sehat belakangan ini. Tidak hanya memberikan sensasi rasa yang unik, manfaat kombucha bagi kesehatan ternyata sangat banyak.

Inilah mengapa banyak orang mulai memasukkan kombucha ke dalam konsumsi harian mereka. Nah, apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kombucha secara teratur? Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat paling terkenal dari kombucha adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan pencernaan. Minuman ini mengandung probiotik alami yang baik bagi bakteri dalam ususmu. Probiotik membantu menjaga keseimbangan flora usus yang dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Kombucha (via Teman Kodomo)

Probiotik dalam kombucha juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bakteri baik dalam minuman ini dapat membantu merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

3. Melawan Radikal Bebas

Manfaat Kombucha (via Hermina Hospitals)

Kombucha mengandung senyawa antioksidan yang dikenal sebagai polifenol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Menyehatkan Kulit

Manfaat Kombucha (via Kompas Health)

Kulit adalah cermin kesehatan dalam tubuhmu. Kombucha mengandung berbagai asam organik dan enzim yang dapat membantu menjaga kulitmu tetap sehat dan bercahaya. Beberapa orang bahkan menggunakan kombucha sebagai toner wajah alami untuk mengurangi peradangan dan jerawat.

5. Membantu Mengendalikan Berat Badan

Manfaat Kombucha (via Parapuan)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombucha dapat membantu mengendalikan berat badan. Hal ini karena minuman ini rendah kalori dan mengandung zat-zat yang dapat meningkatkan metabolisme serta mengurangi nafsu makan.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba kombucha dan merasakan manfaat kombucha yang bisa merawat tubuh sehatmu. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya, minuman fermentasi  ini bisa menjadi asupan yang menyegarkan dan bergizi. Yuk, mulai konsumsi teratur dan hidup sehat dengan kombucha!

Manfaat Kombucha (via KONTAN)