Simak Baik-Baik! Ini 4 Cara Mengisi Baterai Motor Listrik agar Tahan Lama

Agar kendaraan tenaga listrik ini nggak gampang rusak, kamu wajib tahu bagaimana cara mengisi bateri motor listrik dengan benar.

Saat ini sepeda listrik sedang banyak diminati di Indonesia karena dinilai lebih hemat dan minim polusi suara. Agar kendaraan tenaga listrik ini nggak gampang rusak, kamu wajib tahu bagaimana cara mengisi bateri motor listrik dengan benar. Buat kamu yang punya motor listrik di rumah, yuk simak tips mengisi baterai berikut ini agar motor listrik kamu lebih awet.

1. Gunakan Charger yang Sesuai

Tips mengisi baterai motor listrik yang pertama adalah dengan menggunakan charger yang tepat. Pilih charger motor listrik yang spesifikasinya sesuai dengan motor listrik kamu. Charger yang tidak sesuai dapat merusak dan memperpendek usia bateria. Jadi pastikan charger yang kamu gunakan adalah yang direkomendasikan oleh produsen motor listrik, ya.

2. Jangan Mengisi Baterai Secara Berlebihan

Cara Mengisi Baterai Motor Listrik (via United Motor)

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa mengisi baterai secara berlebihan akan membuat dayanya menjadi lebih awet. Padahal cara tersebut justru akan membuat baterai motor listrik menjadi cepat rusak. Sebaiknya, hentikan pengisian baterai jika notifikasi baterai sudah menunjukkan level 100%.

3. Pastikan Sumber Listrik Stabil

Cara Mengisi Baterai Motor Listrik (via GridOto.com)

Mengisi baterai motor listrik dengan sumber listrik yang stabil akan membuat baterai menjadi lebih awet. Sebaiknya, gunakan stabilizer atau perangkat pengontrol voltase untuk menjaga tegangan listrik yang stabil saat mengisi baterai.

4. Cek Suhu Baterai

Cara Mengisi Baterai Motor Listrik (via kumparan)

Suhu ideal baterai saat pengisian adalah antara 15-25 derajat celsius. Karena itu, cek suhu baterai saat melakukan pengisian. Jangan biarkan baterai terlalu panas saat proses pengisian.

Suhu baterai yang terlalu panas akan dapat menyebabkan sel baterai menjadi rusak dan baterai bisa berumur pendek. Namun, jangan juga membiarkan baterai bersuhu terlalu dingin saat proses pengisian, karena hal tersebut juga bisa merusak baterai. 

Pahami dan terapkan betul-betul cara mengisi baterai motor listrik  yang sudah disebutkan tadi ya! Dengan begitu, motor listrik kamu akan lebih awet dan jauh dari risiko kehabisan baterai di tengah jalan. Selamat mencoba!

Cara Mengisi Baterai Motor Listrik (via AutoFun)