Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan Pada Pasangan, Jangan Dibiarin!

Bagaimana cara mengatasi rasa cemburu berlebihan pada pasangan agar tidak berdampak buruk pada hubungan.

Cemburu  merupakan perasaan yang wajar terjadi pada sebuah hubungan. Namun jangan dibiarkan, ya. Kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi cemburu berlebihan pada pasangan agar tidak berdampak buruk pada hubungan asmara kalian.

Perlu diketahui, rasa cemburu yang berlebihan bisa membuat pasangan merasa terkekang dan bisa menimbulkan konflik lainnya. Bahkan kemungkinan paling buruk adalah pasangan bisa merasa muak karena merasa tidak dipercaya, bahkan bisa berujung pada perpisahan. Lantas, bagaimana cara mengatasi cemburu berlebihan pada pasangan?

1. Komunikasi

Semua pasti setuju kalau komunikasi adalah kunci langgengnya sebuah hubungan. Kalau kamu merasa cemburu dengan pasangan, sebaiknya bicarakan baik-baik apa yang kamu rasakan. Jangan takut berbagi perasaanmu pada pasangan. Dengan begitu, mereka akan menyadari bahwa perilaku mereka membuat kamu merasa cemburu. Lalu temukan solusi bersama akan tercapai untuk mengatasi perasaan tersebut.

Selain itu, dengan berbicara secara terbuka tentang perasaan dan kekhawatiran masing-masing, pasangan dapat membangun kepercayaan dan memahami satu sama lain lebih baik, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya konflik atau ketegangan yang disebabkan oleh ketidakpercayaan dan interpretasi yang salah.

2. Percayalah Pada Pasanganmu

Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan (via Kompas.com)

Selain komunikasi, kunci lainnya dalam hubungan yang langgeng adalah rasa percaya terhadap pasangan. Meski mereka adalah pasanganmu, tetapi kamu harus ingat bahwa mereka juga memiliki kehidupan sosialnya sendiri, seperti teman kerja dan teman-temannya yang lain. Berikan kepercayaan pada pasanganmu bahwa mereka mampu menjaga batasan dan tidak akan berlebihan dalam hubungan pertemanan.

3. Hargai Privasi Pasangan

Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan (via Wolipop)

Bagi sebagian orang, memeriksa ponsel pasangan adalah hal yang wajar. Namun, hal tersebut bisa menimbulkan kecurigaan tanpa disadari. Sebaiknya hindari mengecek ponsel pasangan seperti aplikasi pesan teksnya, media sosial, atau lainnya. Hal tersebut akan menumbuhkan rasa percaya pada pasangan.

4. Jangan Bertindak Saat Emosi

Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan (via Yoona)

Seringkali seseorang bertindak berdasarkan emosi cemburunya dan justru menyakiti pasangannya bisa verbal dan nonverbal. Kata-kata menyakitkan yang kamu katakan saat cemburu tidak bisa ditarik kembali, serta berpotensi menyebabkan konflik dan keretakan hubungan. Sebaiknya jangan biarkan emosi menguasai kamu. Pikirkan akibat perbuatanmu jika kamu bertindak berdasarkan emosi belaka.

Dengan mengendalikan emosi, kita dapat menghindari bertindak secara impulsif atau merugikan, dan memberikan kesempatan untuk berpikir dengan jernih dan rasional. Selain itu, mengendalikan emosi juga membantu membangun kepercayaan dan kedewasaan dalam hubungan, serta mendorong komunikasi yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah dengan lebih efektif.

Kalau kamu salah satu orang yang cepat sekali cemburu , sebaiknya terapkan cara mengatasi cemburu berlebihan segera. Dengan begitu, hubunganmu pada pasangan akan tidak akan terancam bubar.

Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan (via Suara.com)