Wajib Disimak! Ini 4 Tips Mencegah Koper Hilang Saat Liburan

kamu bisa menerapkan tips mencegah koper hilang saat liburan ini kalau nggak mau kejadian kehilangan koper menimpa kamu.

Kehilangan koper saat bepergian adalah risiko yang mungkin saja terjadi. Namun, kamu bisa menerapkan tips mencegah koper hilang saat liburan ini kalau nggak mau kejadian serupa menimpa kamu.

Untuk memastikan koper kamu aman dan tidak hilang selama liburan, kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut ini. Apa saja?

1. Memberikan Tampilan yang Unik

Tips mencegah koper hilang yang pertama adalah menambahkan tali berwarna merah pada koper kamu. Tidak hanya mengubah penampilan koper kamu, tetapi tali merah tersebut akan memudahkan kamu untuk mengidentifikasi koper kamu. Jadi kamu nggak akan kebingungan. Pastikan untuk memilih tali bagasi yang disetujui oleh Transportation Security Administration (TSA).

Selain itu, pilih koper dengan warna mencolok atau desain yang unik sehingga mudah dikenali di antara koper lainnya di bandara. Sebelum pergi, ambil foto koper beserta isinya. Ini dapat membantu dalam mengidentifikasi koper jika hilang dan memudahkan klaim asuransi jika diperlukan.

2. Pasang GPS

Tips Mencegah Koper Hilang (via IDN Times)

Pertimbangkan untuk menggunakan teknologi pelacakan elektronik, seperti pelacakan GPS atau pelacak Bluetooth, yang dapat membantu melacak lokasi koper jika hilang. Tidak hanya kendaraan bermotor saja yang perlu dipasang GPS, koper juga butuh ditempeli benda kecil tersebut.

GPS nantinya akan sangat berguna untuk melacak posisi koper di dalam bagasi selama perjalanan. Beberapa GPS memerlukan sinyal telepon seluler agar berfungsi. Karena itu, pastikan kamu memeriksa ketersediaan jaringan telepon, dan fitur lainnya.

3. Bersihkan Label dan Stiker Lama

Tips Mencegah Koper Hilang (via Brilio.net)

Selanjutnya, untuk mencegah koper hilang di bandara kamu harus menghapus tag atau stiker lama dari koper sebelum menyerahkannya pada bagasi di bandara. Hal ini mungkin terlihat sepele, tetapi bisa memudahkan petugas bandara untuk mengidentifikasi tujuan yang benar dan mengarahkannya ke tujuan yang sesuai.

4. Hindari Penerbangan Transit

Tips Mencegah Koper Hilang (via Tribun Batam)

Saat membeli tiket pesawat ke luar negeri, mungkin kamu akan mendapat tawaran tiket penerbangan transit karena harganya yang lebih murah. Mungkin ini terdengar menggiurkan. Namun, sebaiknya kamu menghindari penerbangan transit ya meskipun lebih murah. Penerbangan langsung nyatanya lebih efektif mencegah hilangnya koper saat penerbangan.

Itu tadi tips mencegah koper  hilang saat liburan yang bisa kamu terapkan saat perjalananmu nanti. Simak baik-baik, jangan sampai kamu mengalami kerugian karena kehilangan koper. Untuk berjaga-jaga, simpan barang berharga, seperti paspor, uang, dan barang berharga lainnya, di koper kabin daripada di koper yang disimpan di bagasi. Pastikan selalu keamananmu ketika berlibur ya!

Tips Mencegah Koper Hilang (via Grid Kids)