Harga Sembako Meroket, Ini 5 Opsi Sumber Karbohidrat Selain Beras

Nyatanya, bukan hanya nasi atau beras sebagai sumber karbohidrat. Ada banyak opsi sumber karbohidrat selain beras yang bisa dikonsumsi dan tumbuh subur di Indonesia.

Bagi masyarakat Indonesia, rasanya belum makan kalau belum mengonsumsi nasi. Nyatanya, bukan hanya nasi atau beras yang bisa memenuhi karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Ada banyak opsi sumber karbohidrat selain beras yang bisa dikonsumsi dan tumbuh subur di Indonesia.

Nah, berikut adalah beberapa pilihan sumber karbohidrat alternatif yang bisa dipertimbangkan untuk memperkaya pola makanmu sehari-hari.

1. Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang paling umum dan serbaguna. Kamu dapat memasak kentang dengan berbagai cara, seperti direbus, dipanggang, atau dijadikan kentang tumbuk. Kentang juga mengandung banyak serat dan vitamin C.

2. Ubi

Ubi terdiri dari berbagai jenis, mulai dari ubi jalar hingga ubi ungu. Ubi mengandung sumber karbohidrat yang kaya akan serat. Selain itu, ubi juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

3. Jagung

Sumber Karbohidrat Selain Beras (via CNN Indonesia)

Jagung adalah sumber karbohidrat yang kaya akan serat dan vitamin B. Kamu dapat mengonsumsinya sebagai sayuran atau mengolahnya menjadi berbagai macam makanan, seperti jagung manis panggang atau sup jagung.

4. Talas

Talas, atau sering juga disebut sebagai keladi, adalah salah satu sumber karbohidrat selain nasi yang masih bisa ditemukan dengan mudah. Talas kaya akan nutrisi dan memiliki kandungan pati yang tinggi.  Talas dapat diolah menjadi berbagai hidangan, mulai dari talas goreng, talas rebus, hingga kolak talas yang manis.

5. Singkong

Sumber Karbohidrat Selain Beras (via www.formasup.fr)

Dikenal dengan harganya yang terjangkau, singkong dapat menjadi pilihan alternatif pengganti nasi. Tidak hanya itu, singkong juga kaya akan karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral yang memberikan beragam manfaat yang baik bagi tubuh.

Mengonsumsi beragam sumber karbohidrat selain beras  dapat membantumu menjaga keberagaman pola makan serta memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Cobalah untuk memasukkan beberapa pilihan pengganti beras di atas ke dalam menu sehari-harimu dan nikmati beragam rasa yang berbeda.

Sumber Karbohidrat Selain Beras (via Republika)