4 Fungsi Penting Imajinasi Bagi Tumbuh Kembang Anak, Ayah Bunda Sudah Tahu?

4 Fungsi Penting Imajinasi Bagi Tumbuh Kembang Anak, Ayah Bunda Sudah Tahu?

Setiap penemuan yang kita rasakan manfaatnya saat ini adalah hasil dari imajinasi seseorang. Setiap kemajuan baru dalam sebuah adalah hasil daya cipta seseorang. 

Saat anak bermain dengan mainannya, seluruh dunia mereka berubah menjadi dimensi berbeda dalam imajinasi mereka. Tempat tidurnya berubah menjadi lautan luas, dan bantal-bantalnya menjadi sebuah kapal. Dalam imajinasi anak-anak, seprai menjadi benteng dan boneka beruang menjadi kuda yang kuat. 

Semua ini mungkin tampak seperti permainan anak-anak, namun percaya gak bahwa saat mereka bermain, mereka mengembangkan keterampilan sosial, perilaku, dan pengambilan keputusan?

Buat ayah bunda yang masih penasaran, berikut ini fungsi penting imajinasi bagi tumbuh kembang anak:

1. Mengembangkan interaksi sosial dan perkembangan emosional

Kreativitas dan Imajinasi penting karena membantu perkembangan pribadi, sosial, dan emosional seorang anak. Ini membantu anak mengembangkan hubungan, kesadaran diri, dan kepercayaan diri, serta mengelola perasaan dan perilaku. 

Ketika anak-anak memainkan permainan bergiliran, misalnya, mereka belajar bagaimana bersikap adil dan bergiliran; mereka juga belajar kesabaran karena harus menunggu giliran. Keterampilan lain yang dipelajari melalui permainan kreatif adalah berbagi dengan teman, yang penting untuk menjalin hubungan yang bermakna.

2. Membantu dalam pengembangan keterampilan motorik

Fungsi penting imajinasi (schoolparenting.id)

Kreativitas dan imajinasi penting untuk tumbuh kembang anak karena meningkatkan perkembangan fisiknya. Seni dan kerajinan, permainan pura-pura, atau sekadar bermain di luar ruangan terbukti merupakan aktivitas motorik halus bagi anak. 

Baik ketika seorang anak menari mengikuti iramanya sendiri atau melompati semak-semak di luar ruangan, hal ini meningkatkan koordinasi tangan-mata dan memori otot. Mendandani boneka dan bermain dengan mobil kecil serta patung membantu anak mengatur gerakan dan perilakunya sendiri.

3. Membantu perkembangan kognitif

Salah satu permainan yang bisa mengasah imajinasi anak (cussonskids.co.id)

Kreativitas dan Imajinasi penting karena meningkatkan perkembangan kognitif anak. Hal ini penting karena meningkatkan perkembangan otak anak. Permainan kreatif seperti memasak melibatkan membaca dan menulis serta pemahaman tentang angka, bentuk, dan ukuran.

Hal ini meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak. Melalui permainan kreatif dan imajinatif seperti mendongeng, anak mampu memahami dunia dan cara kerja konsep-konsep tertentu. Oleh karena itu penting untuk memastikan bahwa anak-anak diberikan pilihan dan kesempatan bermain yang kreatif dan imajinatif sehingga mereka dapat tumbuh secara holistik.

4. Membangun keterampilan komunikasi

Kreativitas dan imajinasi membantu anak-anak tumbuh dalam komunikasi dan bahasa. Ini melibatkan pemahaman, perhatian, dan pembicaraan mereka. Ketika anak-anak terlibat dalam permainan berbicara dan mendengarkan, bahasa mereka berkembang sejak mereka berbicara satu sama lain. 

Permainan yang memiliki aturan, misalnya, membantu anak belajar memperhatikan detail dan mengikuti instruksi. Ketika anak-anak bermain dengan teman-temannya, seperti bermain peran, kosa kata mereka bertambah saat mereka mengungkapkan ide-ide mereka kepada teman-temannya.

Nah, sekarang paham kan ayah bunda kenapa anak perlu banget main dan melatih imajinasinya? Semoga abis baca ini, screen time-nya berkurang dan anak punya lebih banyak waktu main ya!

Contoh anak yang punya imajinasi tinggi (id.theasianparent.com)