7 Ide Resolusi Tahun Baru Agar Hidupmu Semakin Tertata

Setiap akhir tahun, kita sering merasa kalau kita nggak banyak melakukan hal-hal yang penting di tahun tersebut. Mungkin sekarang saatnya kita mulai menata hidup di tahun 2019.

Awal tahun selalu menjadi waktu yang paling tepat untuk kembali merancang kehidupan. Begitulah yang dihadapi ketika kita merasa bahwa tahun yang kemarin tidak banyak hal yang dicapai. Sedikit tips nih gengs untuk resolusi tahun barumu agar hidup makin tertata.

1. Jalankan reset ulang aktivitas setiap minggu

Luangkan waktu 2-3 di awal minggu untuk merancang kembali kegiatan yang akan kalian lakukan seminggu kemudian. Hal ini akan membantumu untuk memenuhi gol atau sasaran pendek demi gol yang lebih panjang.

Resolusi menata hidup (pixabay.com)

2. Alokasikan waktu untuk berdiam sejenak setelah melakukan satu kegiatan

Mengerjakan dua atau lebih pekerjaan secara berturut-turut akan membuatmu merasakan kelelahan mental yang lebih cepat. Berhenti sejenak barang 20-30 menit setelah mengerjakan satu hal untuk selanjutnya mengerjakan yang lain. Kebiasaan ini akan membuatmu selalu dalam kondisi prima ketika sedang mengerjakan sesuatu.

Resolusi menata hidup (pixabay.com)

3. Biasakan 10 menit untuk berbenah-benah di pagi hari

Menemukan mood yang bagus untuk bekerja bisa menjadi hal yang sangat sulit bagi beberapa orang. Kegiatan berbenah di pagi hari, meskipun sekedar menata seprai atau menyapu lantai rumah selama 10 menit dapat memunculkan mood bekerjamu. Lakukan aktivitas tersebut setiap pagi hari namun jangan sampai terlalu melelahkan.

Resolusi menata hidup (pixabay.com)

4. Buat tabel rencana selama setahun

Mungkin hal ini terdengar klise. Dan mungkin sudah banyak orang yang mencoba dan gagal melakukannya. Namun jika kalian bisa memadukan rencana jangka panjang selama setahun dengan rutinitas mereset ulang rencana setiap minggu, bukan tidak mungkin kalian akan mencapai sesuatu yang besar di tahun 2019 ini.

Resolusi menata hidup (pixabay.com)

5. Temukan hal-hal yang membuatmu nyaman

Bekerja di rumah, atau melakukan sesuatu produktif di manapun akan semakin maksimal jika kalian dikelilingi hal-hal yang membuat nyaman. Tak perlu benda-benda besar seperti meja kerja atau tempat duduk ala kursi gaming, benda kecil sederhana macam mug, selimut kecil, patung-patungan sebagai hiasan dapat meningkatkan mood produktif jika hal itu membuatmu nyaman.

Resolusi menata hidup (pixabay.com)

6. Atur pola makan semaksimal mungkin

Banyak orang tidak menyadari jika pola makan bisa sangat mempengaruhi keteraturan hidup kita. Bagaimanapun kita membutuhkan tubuh yang fit untuk mengerjakan sesuatu termasuk membuat hidup lebih tertata di tahun 2019 ini. Jika memang harus berdiet, ambil pola yang paling nyaman. Jangan terlalu memaksa, karena lemes kelaperan malah kontrapoduktif.

Resolusi menata hidup (pixabay.com)

7. Kategorisasikan benda-benda di tempat tinggal kalian

Menata hidup harus dimulai dengan menata infrastruktur menjalani hidup. Yaitu tempat tinggal kalian. Jika benda dan barang yang ada di sana tidak teratur peletakannya, kita akan menghabiskan banyak waktu dan pikiran untuk mencari barang tersebut. Sehingga nggak sempat melakukan aktivitas yang produktif. Gunakan sticker label jika perlu.

Resolusi menata hidup (pixabay.com)