Rekomendasi Menu Sahur Ala Korea yang Nikmat dan Menggugah Selera

Sahur merupakan momen penting saat Ramadan. Nah, menu sahur ala Korea bisa menjadi pilihan makanan untuk sahur yang dapat menggugah selera.

Sahur merupakan momen penting saat Ramadan yang dilakukan untuk menambah energi saat berpuasa. Nah, menu sahur ala Korea  bisa menjadi pilihan makanan untuk sahur yang dapat menggugah selera.

Tenang, nggak perlu repot kok. Menu-menu ala Korea berikut ini dibuat dengan cara yang nggak ribet dan hanya membutuhkan bahan makanan sederhana kok. Lantas, apa saja menu sahur ala Korea yang dimaskud? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Bibimbap

Rekomendasi menu sahur ala Korea yang pertama adalah Bibimbap. Menu makanan ini cukup populer dan disukai banyak orang. Makanan ini terdiri dari nasi, sayur, telur, daging, dan disajikan dengan saus gochujang. Kamu bisa membuatnya dengan cepat saat sahur. Kamu bisa menggunakan sisa-sisa sayuran dan daging di rumah dan juga nasi sisa semalam yang tersedia.

Tumis sayuran dan daging secara bersamaan, kemudian tambahkan nasi. Setelah itu, sajikan sayur, daging, dan nasi yang sudah digoreng tadi dengan telur mata sapi dan ditambah saus gochujang. Duh dijamin enak banget deh!

2. Bulgogi

Menu Sahur Ala Korea (via Allrecipes)

Kalau makanan yang satu ini pasti sudah cukup banyak yang mengenal, ya. Bulgogi memiliki rasa manis, lezat dan tekstur yang lembut, serta aroma yang menggugah selera. Ini sering disajikan dengan nasi dan sayuran, membuatnya menjadi hidangan yang lezat dan memuaskan bagi siapa pun yang mencicipinya. 

Tidak hanya enak, makanan ini juga cukup mudah pembuatannya. Caranya, potong tipis daging sapi, kemudian rendalam dalam campuran saus bulgogi yang terdiri dari kecap, gula, bawang putih, dan bumbu lainnya. Kamu bisa menyiapkan daging yang sudah direndam saat malam. Lalu ketika sahur, kamu hanya perlu memanggang atau menumisnya sebentar saja.

3. Japchae

Menu Sahur Ala Korea (via LOTTE Mart)

Menu terakhir adalah Japchae yang merupakan mie berbahan dasar ubi. Makanan ini biasanya dimasak bersama sayuran, daging, dan bumbu. Kamu bisa menggunakan sayur apa saja sesuai dengan selesa kamu, misalnya seperti bayam, jamur, atau wortel. Untuk dagingnya sendiri, kamu juga menyesuaikan dengan kesukaan kamu. Boleh daging sapi atau daging ayam. Mie nya sendiri juga bisa diganti dengan bihun kok. Pokoknya apa yang tersedia di rumah deh!

Itu tadi tiga menu sahur ala Korea  yang nikmat dan menggugah selera, serta mudah dibuat. Berbagai menu tadi bisa menjadi rekomendasi kamu ketika sahur sehingga kamu tidak merasa bosan. Tertarik mencoba?

Menu Sahur Ala Korea (via Maangchi)