Mengenal 6 Manfaat Kesehatan dari Puasa yang Dilakukan di Bulan Ramadan

Sebelum memulai puasa, kamu perlu mengetahui jika manfaat puasa bagi kesehatanmu tenyata sangat banyak dan beragam.

Bulan Ramadan adalah bulan ketika umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh bagi yang sudah wajib melaksanakannya. Namun di balik sekian banyak berkah yang dijanjikan Allah SWT, kamu perlu mengetahui jika manfaat puasa bagi kesehatanmu tenyata sangat banyak dan beragam. 

Puasa bisa menjadi penyeimbang dan cara alami untuk memperbaiki kesehatanmu di saat gaya hidup yang cepat dan makanan yang tidak sehat menjadi hal yang umum. Karena itu, lakukan puasa secara teratur dan dapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa berikut ini:

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat puasa yang pertama adalah dapat membantumu menurunkan berat badan. Saat kamu berpuasa, tubuh kamu menggunakan cadangan energi yang tersimpan, termasuk lemak. Dengan rutin berpuasa, kamu dapat membakar lemak secara efisien yang akhirnya akan membantu menurunkan berat badan secara bertahap.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Puasa juga telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dengan mengontrol asupan makanan dan menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, risiko penyakit jantung dapat berkurang secara signifikan. Selain itu, puasa juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

3. Membersihkan Tubuh dari Toksin

Manfaat Puasa (via UMSU)

Saat kamu berpuasa, tubuhmu memiliki kesempatan untuk membersihkan diri dari toksin dan limbah yang menumpuk. Proses detoksifikasi alami ini terjadi karena tubuh fokus pada pemulihan dan regenerasi selama periode puasa. Sebagai hasilnya, kamu akan merasa lebih segar dan bertenaga setelah menjalani puasa.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Puasa juga dapat memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Dengan mengurangi pola makan serta fokus pada kegiatan spiritual selama puasa, kamu dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus. Selain itu, puasa juga bisa meningkatkan mood, karena peningkatan jumlah hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal selama berpuasa cenderung stabil, sehingga dapat mengurangi tingkat stres secara signifikan. 

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat Puasa (via Rey.id)

Puasa juga dapat membantu mengurangi resistensi insulin, hal penting untuk pengelolaan gula darah yang sehat. Dengan mengurangi frekuensi makan dan menghindari makanan yang tinggi gula, tubuh menjadi lebih responsif terhadap insulin, yang dapat membantu mencegah atau mengelola diabetes.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Selama puasa, tubuhmu juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Saat kamu lapar, terjadi proses autophagy di dalam tubuh. Konsep autophagy adalah, saat tubuh seseorang kelaparan, sel-sel dalam tubuhnya juga merasakan lapar.

Sel-sel yang lapar ini akan melakukan proses penghancuran dan pemakanan terhadap sel-sel yang sudah tidak lagi berguna, rusak, atau mati, sehingga menghindari penumpukan sampah dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh akan memiliki kemampuan lebih untuk melawan infeksi dan penyakit.

Dengan mengetahui manfaat puasa yang sangat baik bagi tubuh ini, kamu bisa memiliki motivasi lebih untuk melakukan puasa . Selamat berpuasa!

Manfaat Puasa (via Alodokter)