Bekal Ramadan: 5 Strategi Ampuh untuk Mencegah Ngantuk Saat Puasa, Coba Lakukan Ini Yuk!

5 Cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mencegah ngantuk saat puasa, salah satunya tidur cukup.

Selain menahan lapar dan haus, ada pula kendala besar lainnya yang sering dialami banyak orang saat puasa adalah menahan rasa ngantuk. Hal ini terjadi karena waktu tidur yang berubah dan harus bangun saat dini hari untuk menyantap sahur.

Jika dibiarkan, rasa ngantuk yang muncul bisa menghambat pekerjaan dan mempengaruhi produktivitas sehari-hari. Lantas, bagaimana caranya agar tidak mengantuk di siang hari dan bisa tetap beraktivitas normal? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Minum Cukup Air Putih

Minum cukup air putih menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah ngantuk saat puasa. Karena keadaan perut kosong bisa menyebabkan dehidrasi. Jadi pastikan untuk konsumsi cukup air putih sebelum memulai puasa.

Dalam sehari, manusia perlu memenuhi kebutuhan hidrasi dengan minum air putih sebanyak 8 gelas. Selama berpuasa, kamu bisa menerapkan aturan minum air yakni 2 gelas ketika berbuka puasa, 4 gelas pada malam hari dan 2 gelas saat sahur.

2. Atur Waktu Tidur

Ilustrasi Minum Air Putih (Dream)

Saat bulan Ramadan, tentu akan ada sedikit perubahan jam dan pola tidur dibandingkan hari biasanya karena kita harus bangun dini hari untuk makan sahur. Jadi untuk menjaga kualitas tidur dan mencegah ngantuk esok harinya, hindari tidur larut malam atau begadang.

Disarankan untuk tidur lebih cepat dari biasanya dan tidur cukup yaitu sekitar 6-8 jam per malam. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa mencoba tidur selama 5-6 jam per malam dan menyempatkan untuk tidur siang sejenak.

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Jangan Berlebihan

Ilustrasi waktu tidur tidak teratur (iStock)

Cara mencegah rasa ngantuk saat berpuasa berikutnya adalah konsumsi makanan sehat dan jarang berlebihan. Pilih makanan sehat untuk menu sahur yang kaya akan nutrisi, karbohidrat kompleks, lemak sehat dan mineral. Disarankan juga untuk konsumsi sayuran, buah-buahan serta kacang-kacangan.

Sebaiknya hindari makanan tinggi garam, berlemak dan digoreng. Sebab, jenis makanan itu bisa menjadi salah satu alasan mengapa tubuh mudah terasa lemas dan mengantuk di siang hari. Selain itu, usahakan untuk makan sahur secukupnya saja. Tidak sedikit orang yang punya keinginan untuk makan banyak saat sahur. 

Faktanya, makan terlalu banyak saat sahur justru hanya akan meningkatkan rasa ngantuk ketika beraktivitas pada siang harinya. Pastikan pula untuk tidak melewatkan sahur ya, karena bisa menurunkan kadar gula darah kibat perut yang tidak diisi hingga menyebabkan rasa ngantuk saat berpuasa.

4. Mandi Air Dingin

Ilustrasi Makanan Sehat (via Pixabay)

Mandi dengan air dingin juga bisa menjadi strategi ampuh untuk menghindari ngantuk. Mandi dengan air bersuhu dingin dapat melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan energi pada tubuh untuk memulai aktivitas harian. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat.

5. Lakukan Olahraga Ringan

Tidak ada alasan untuk malas berolahraga meskipun sedang puasa. Tapi disarankan untuk memilih jenis olahraga dengan intensitas dan risiko yang lebih rendah seperti berjalan kaki atau yoga. Gerakaan sederhana ini dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Selain itu, olahraga ringan juga memberikan tambahan energi dan terhindar dari kantuk. Kamu bisa menjadwalkan olahraga ke dalam rutinitas rutin selama Ramadan yang bisa dilakukan setelah sahur atau mendekati waktu buka puasa.

ilustrasi mandi (via Pixabay)