Bisa Dilihat saat Dewasa, Ini 5 Tanda Seseorang Memiliki Masa Kecil Tidak Bahagia

Beberapa tanda masa kecil tidak bahagia biasanya bisa terlihat oleh sikap ketika seseorang sudah dewasa.

Beberapa tanda masa kecil tidak bahagia biasanya bisa terlihat oleh sikap ketika seseorang sudah dewasa. Hal tersebut dinamakan dengan trauma. Banyak yang tidak menyadari bahwa trauma masa kecil dapat berdampak pada kesehatan mental.

Bahkan trauma tersebut bisa memengaruhi perkembangan kondisi kesehatan fisik. Lantas, seperti apa tanda-tana masa kecil tidak bahagia yang bisa terlihat saat dewasa?

1. Sering Merasa Sedih

Hal pertama yang menandakan seseorang memiliki masa kecil yang tidak bahagia adalah sering merasa sedih secara tiba-tiba. Tidak hanya sekali atau dua kali, tetapi perasaan tersebut seringkali datang tanpa sebab.

Kesedihan tersebut mungkin tiba-tiba datang karena kamu pernah mengalami peristiwa traumatis sehingga membuat kamu merasakan kesedihan yang mendalam hingga sangat membekas.

2. Mengalami Masalah Tidur

Tanda Masa Kecil Tidak Bahagia (via IDN Times)

Selain sering merasa sedih, seseorang yang mengalami masalah tidur kemungkinan besar pernah mengalami trauma saat kecil. Masalah tidur yang dimaksud adalah seperti selalu mimpi buruk atau tidak mampu tidur dengan cepat meski tubuh sudah sangat lelah.

Insomnia dan siklus tidur yang buruk bisa menjadi pertanda fisik dan mental yang buruk lalu berdampak pada kesehatan ke depannya yang semakin memburuk.

3. Suka Menghindar

Orang yang mengalami trauma masa kecil biasanya sering menghindar dari hal-hal yang mengingatkan dia dengan masa kecilnya yang tidak bahagia. Seperti tempat, situasi, orang yang berkaitan langsung dengan kejadian traumatis tersebut.

4. Emosi Tidak Stabil

Tanda Masa Kecil Tidak Bahagia (via Lifestyle Kompas)

Emosi yang tidak stabil merupakan tanda kalau masa kecil kamu kurang bahagia. Misalnya saja kamu tiba-tiba marah tanpa alasan yang jelas atau kamu sangat mudah tersinggung dengan sesuatu yang tidak sesuai.

5. Susah Fokus

Seseorang yang berusaha menekan rasa trauma dalam dirinya, maka akan mengalami kesulitan untuk fokus. Hal ini tentu saja dapat mengganggu kegiatan sehari-hari, menjadi pelupa, atau orang yang tidak teratur.

Kalau kamu memiliki teman yang menunjukkan hal-hal yang sudah disebutkan tadi. Bisa saja hal tersebut merupakan tanda masa kecilnya  tidak bahagia. Jangan ditinggalkan, terus temani dia, karena dia butuh teman yang selalu ada di sampingnya.

Tanda Masa Kecil Tidak Bahagia (via 8enam.com)