Yuk, Telusuri Berbagai Tradisi Unik di Bulan Ramadan dari Berbagai Negara

Kamu akan terkejut mengetahui bahwa tradisi Ramadan di berbagai negara berikut ini. Simak ulasannya!

Bulan Ramadan  adalah bulan penuh berkah sekaligus perayaan bagi muslim di seluruh dunia. Karena itu, kamu akan terkejut mengetahui bahwa tradisi Ramadan di berbagai negara ternyata beragam dan memiliki keunikannya masing-masing.

Untuk tahu lebih jelasnya, mari telusuri beberapa tradisi yang menarik dari berbagai negara di belahan dunia yang berbeda.

1. Indonesia

Bercerita tentang tradisi Ramadan di berbagai negara, tentu harus dimulai dari negara sendiri, yaitu Indonesia. Kamu mungkin sudah akrab dengan tradisi "buka bersama", di mana keluarga dan teman-teman berkumpul untuk berbuka puasa bersama-sama. Karena itu, tidak heran jika ada yang sudah memiliki jadwal buka bersama bareng teman seangkatan mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. 

Selain itu, ada juga tradisi membangunkan sahur dengan meriah di berbagai daerah. Anak kecil hingga dewasa akan membunyikan berbagai alat pukul dan berteriak “Sahur... Sahur!” untuk membangunkan orang-orang sekitar saat waktu sahur tiba.

2. Mesir

Tradisi Ramadan di Berbagai Negara (via Tokopedia)

Salah satu tradisi yang menarik di Mesir adalah "Fanous Ramadan" atau lentera Ramadan. Setiap tahun, sebelum datangnya bulan Ramadan, kamu akan melihat toko-toko penuh dengan berbagai macam lentera yang indah dan berwarna-warni. Lentera-lentera ini digantung di jalan-jalan dan di depan rumah-rumah untuk menandai kedatangan bulan suci.

3. Turki

Di Turki, tradisi Ramadan juga memadukan elemen kebudayaan lokal dengan spiritualitas. Salah satu tradisi yang hampir mirip dengan yang ada di Indonesia adalah tradisi membunyikan genderang di waktu sahur.

"Davulcu", yaitu istilah lain dari pemukul drum, akan berkeliling kota untuk membangunkan umat muslim agar segera melaksanakan sahur. Davul sendiri adalah gendang yang memiliki dua sisi khas Turki.

Tradisi Ramadan di Berbagai Negara (via Republika)

4. Pakistan

Di Pakistan, selain tradisi berbuka puasa dengan makanan khas seperti samosa dan pakora, terdapat juga tradisi di kota Peshawar di Pakistan, terkenal dengan pesta perang telur. Permainan ini biasa dimulai di sore hari dan berakhir di waktu sahur. Cara bermainnya adalah dengan menangkap telur rebus dan berusaha memecahkan telur yang ada di tangan lawan.

5. Maroko

Tradisi Ramadan di Berbagai Negara (via IDN Times)

Kamu akan menemukan tradisi empat ronde buka puasa di Maroko. Ronde pertama dibuka dengan mengonsumsi kurma dan air setelah adzan maghrib. Kemudian ronde kedua adalah makan hidangan khas Maroko seperti sup khariroh, milwi dan roti tawar kering salat magrib berjamaah. Lalu, buka puasa ronde ketiga dilakukan setelah saat tarawih dengan mengonsumsi makanan berat khas maroko. Kemudian ditutup dengan konsumsi buah, susu dan dessert yang ringan di ronde keempat.

Setiap tradisi Ramadan  di berbagai negara memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Walaupun beragam, semua tradisi ini mengilustrasikan makna suka cita dan kebersamaan di bulan suci Ramadan. Di antara semua tradisi tadi, tradisi mana yang paling menarik perhatianmu?

Tradisi Ramadan di Berbagai Negara (via Barito Post)