4 Warna yang Bisa Mengganggu Tidur, Bikin Kurang Nyenyak!

Ada beberapa warna yang bisa mengganggu tidur dan membuat istirahatmu tidak nyaman.

Pemilihan warna cat dinding kamar tidur  sangat penting untuk dipertimbangkan dengan matang, karena ada beberapa warna yang mengganggu tidur dan membuat istirahatmu tidak nyaman.

Setiap warna bisa memberikan stimulasi tertentu bagi otak, karena itu diperlukan warna-warna yang menenangkan agar tidurmu nyenyak di malam hari. Lalu, sebaiknya hindari warna-warna yang bisa membuat tidurmu tidak nyenyak seperti contoh warna berikut ini:

1. Merah

Warna yang penuh semangat dan energi ini bisa menjadi musuh saat tidur. Merah berkaitan erat dengan stimulasi dan dapat memicu pikiran untuk terus aktif.

Ketika dinding kamar tidur diwarnai merah, tubuh kamu mungkin sulit untuk merasa tenang dan rileks, padahal penting untuk memasuki fase tidur yang dalam.

2. Kuning Terang

Warna kuning cerah seperti warna terang lainnya, adalah salah satu warna yang bisa mengganggu tidur. Meski memberikan kesan hangat dan ceria, tetapi terlalu banyak paparan warna kuning terang dapat merangsang otak dan membuatnya sulit untuk memasuki fase tidur yang dalam.

3. Oranye

Warna yang Mengganggu Tidur (via Kompas.com)

Oranye adalah warna yang memancarkan semangat dan kegembiraan. Namun, efeknya pada tidur bisa berlawanan. Warna ini dapat meningkatkan tingkat energi dan meningkatkan aktivitas otak, membuatmu sulit untuk merasa tenang dan tidur dengan nyenyak. Jika kamu tetap ingin menggunakan warna oranye di kamar tidurmu, sebaiknya pilih oranye yang gelap agar tidurmu semakin nyenyak.

4. Biru Terang

Biru sering dianggap sebagai warna yang menenangkan, tetapi perlu diingat bahwa ada banyak variasi biru. Biru terang, khususnya biru yang lebih cerah dan terang, bisa memiliki efek yang bertentangan. Warna ini dapat memengaruhi ritme tubuhmu, memperlambat produksi hormon tidur, dan membuatmu sulit tertidur.

Itulah beberapa warna yang mengganggu tidur  malammu. Sebelum kamu memutuskan warna apa yang akan kamu pilih, pertimbangkan efeknya terhadap suasana hati dan tidurmu. Memilih warna yang menenangkan, seperti hijau lembut atau biru tua, mungkin salah satu pilihan yang lebih baik untuk menciptakan lingkungan tidur yang nyaman.

Warna yang Mengganggu Tidur (via Grid.ID)