5 Negara yang Melarang Pemberian Tip, Bisa Dianggap Menghina Lho

Di negara-negara yang melarang tip ini, kebiasaan tersebut tidak boleh dilakukan. Bahkan dianggap menghina.

Memberikan tip kepada pelayan restoran atau staf hotel adalah hal yang wajar dilakukan di Indonesia. Namun uniknya, di negara-negara yang melarang tip ini, kebiasaan tersebut tidak boleh dilakukan. Bahkan bisa dianggap menghina.

Kalau kamu termasuk orang yang tidak suka memberi tip, tentu larangan ini sangat menguntungkan. Namun kalau kamu orang yang punya kebiasaan memberikan tip, harus mewaspadai hal ini. Lantas, negara mana saja yang melarang pemberian tip? Berikut ini daftarnya.

1. Australia

Australia termasuk negara yang melarang pemberian tip. Di negeri kanguru ini biaya layanan sebesar 10 persen biasanya sudah masuk ke dalam tagihan. Maka dari itu, kamu nggak perlu meninggalkan tip saat memesan makanan atau naik taksi.

2. Swiss

Selain Australia, Swiss juga termasuk negara yang melarang pemberian tip. Di negara ini, uang tip bukanlah hal yang wajar. Berdasarkan undang-undang federal, biaya layanan sudah dibebankan pada pelanggan dan dimasukkan ke dalam harga.

Tidak hanya itu, di negara ini upah minimum pekerjanya adalah yang tertinggi di dunia. Jadi kehidupan para karyawannya pasti terjamin.

3. Argentina

Negara yang Melarang Tip (via YoungOnTop)

Di Argentina, pemberian tip kepada pekerja hotel atau restoran merupakan tindakan ilegal. Hal tersebut tertuang dalam undang-undang ketenagakerjaan tahun 2004 di Argentina.

Namun, undang-undang ini tidak ditegakkan secara rutin. Pemberian tip menyumbang sekitar 40 persen dari rata-rata pendapatan pelayan di Argentina.

4. Belgia

Di Belgia, gaji para pegawainya cukup besar. Karena itulah, pemberian tip termasuk kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan. Kalau kamu nekat melakukannya, bisa-bisa kamu diusir dari restoran.

5. Polinesia Prancis

Negara yang Melarang Tip (via Live Like It's Weekend)

Terakhir, ada Polinesia Prancis yang termasuk negara yang melarang pemberian tip. Di negara tidak seorang pun mengharapkan pemberian tip. Bahkan jika kamu merasa puas dengan pelayanan seorang staf restoran, dia akan tetap menolak uang tip pemberian kamu.

Beberapa restoran melampirkan catatan pada tagihan untuk memberi tahu apakah tip diterima atau tidak, untuk menghindari kesalahan pelanggan.

Wah, ternyata ada juga ya negara  yang melarang tip. Kalau kebetulan kamu melancong ke negara-negara tadi jangan sampai kamu melakukan kebiasaan untuk memberi tip, ya! Daripada diusir dari restoran.

Negara yang Melarang Tip (via MerahPutih)