Ini Dia 3 Jenis Minuman yang Paling Bagus untuk Kesehatan Usus

Ini Dia 3 Jenis Minuman yang Paling Bagus untuk Kesehatan Usus

Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi asupan seperti minuman di saat pagi, tidak boleh sembarangan. Ada baiknya jika kita membiasakan untuk mengkonsumsi minuman yang baik untuk kesehatan usus kita. 

Menurut Dr. Joseph Saihab, ahli gastroenterologi dan spesialis hati, dijelaskan kalo ada 3 jenis minuman yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi pada pagi hari.

1. Kopi hitam

Menurutnya, kopi hitam bisa membantu mencegah penyakit hati sekaligus resiko dari kanker hati. 

Dan menurut Dr Saihab, jenis kopi hitam yang paling baik untuk usus ialah kopi dark roast (kopi yang dipanggang dengan warna gelap). Sebab kopi ini tidak mengandung tinggi asam sehingga cocok untuk penderita asam lambung.

"Jika kamu punya penyakit asam lambung, cobalah minum kopi yang menggunakan biji kopi dark roast," jelasnya.

Namun, perlu diingat manfaat kopi hitam ini akan efektif jika kamu meminumnya begitu saja. Tanpa tambahan gula, susu, atau pemanis lainnya.

2. Teh hijau

Ilustrasi orang mengkonsumsi kopi hitam (via freepik)

Berikutnya adalah teh hijau. Meski banyak orang yang sering mengkonsumsi teh saat sarapan, namun pilihan terbaik untuk jenis teh adalah teh hijau. 

Teh hijau memiliki katekin, yakni kandungan yang tinggi oksidan sehingga baik untuk usus dan hati. 

"Sekarang, teh hijau mengandung sedikit kafein, dan lebih sedikit dibandingkan kopi hitam. Tetapi Anda juga bisa mendapatkan formulasi bebas kafein," jelasnya.

3. Smoothies

Teh hijau (via freepik)

Terakhir, kamu yang tidak suka mengkonsumsi kafein, bisa mengganti minuman pagi dengan smoothies buah. 

Namun berbeda dengan jus yang merupakan sari buah atau sayur, smoothies adalah minuman diblender dari seluruh bagian buah dan sayur sehingga ampasnya bisa tetap dikonsumsi.

Ilustrasi minuman smoothies (via pexels)