Praktis dan Efektif, Ini Gerakan untuk Membentuk Otot Perut tanpa Perlu Nge-Gym

Perut yang ramping dan tidak tampak buncit tentu dambaan setiap parempuan. Kamu bisa memiliki perut ramping dengan cara membentuk otot perut.

Memiliki tubuh ideal bisa dimulai dari membentuk otot perut. Perut yang ramping dan tidak tampak buncit tentu dambaan setiap parempuan. Namun seringnya, kesibukan yang padat membuatmu tak punya waktu untuk bisa melatih otot perut.

Tenang saja, jika berbicara tentang membentuk otot perut, ada banyak latihan mudah yang bisa kamu lakukan tanpa perlu ke gym dan alat bantu lainnya. Inilah beberapa latihan yang bisa kamu lakukan untuk membentuk otot perut dengan efektif.

1. Plank

Gerakan yang sudah familiar untuk membentuk otot perut adalah Plank. Plank tidak hanya membentuk otot perut, tetapi juga melatih otot lengan, bahu, punggung, bokong, panggul, dan kaki. Saat melakukannya dengan posisi yang tepat, kamu akan merasakan otot-ototmu seperti tertarik dan menegang.

Untuk melakukan gerakan ini, posisikan diri seolah-olah akan merangkak dengan telapak tangan sejajar bahu dan lutut sejajar pinggul, sambil menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan berat badan.

Angkat kaki sehingga tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga ujung kaki, dan ketika berada dalam posisi ini, kamu akan merasakan otot perut mengencang. Tahan posisi plank selama 10–30 detik, dan ulangi gerakan ini sebanyak 3–5 set.

2. Bicycle Crunch

Membentuk Otot Perut (via honestdocs)

Latihan ini merupakan variasi gerakan crunch yang efektif untuk membentuk otot perut dan pinggul. Untuk melakukan gerakan ini, mulailah dengan berbaring di lantai dan letakkan tangan di belakang kepala. Tekuk lutut kiri ke arah dada sambil mengangkat kaki kanan sedikit. Angkat kedua tungkai kaki dari lantai dan lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda.

Saat lutut kanan mendekati kepala, dekatkan siku kiri ke lutut kanan, lalu lakukan gerakan yang sama pada lutut kiri dengan siku kanan. Lakukan gerakan bicycle crunch ini sebanyak 12 kali dan ulangi hingga 3 set. Dengan melakukan latihan ini, kamu bisa melatih otot perut dan menguatkan area pinggul. Pastikan untuk menjaga postur tubuh yang benar supaya mendapat manfaat maksimal dari latihan ini.

3. Supine Toe Tap

Membentuk Otot Perut (via Women's Health)

Gerakan mudah selanjutnya adalah supine toe tap. Selain membentuk otot perut, gerakan supine toe tap juga efektif melatih otot bokong, panggul, dan kaki. Gerakan ini aman dilakukan oleh penderita sakit punggung karena tidak menimbulkan tekanan berlebihan pada tulang belakang.

Untuk menjalankan gerakan ini, mulailah dengan berbaring telentang, posisikan tangan di samping tubuh, dan menyentuh matras. Angkat kaki, tekuk lulut hingga membentuk sudut 90°. Secara perlahan, turunkan kaki kanan hingga ujung jari kaki mengetuk lantai, lalu angkat kembali dengan perlahan. 

Pastikan bahwa saat kaki kanan turun, kaki kiri tetap dalam posisi tertekuk, dan punggung menempel pada matras. Lakukan gerakan serupa pada kaki kiri. Ulangi gerakan ini sebanyak 8–12 kali untuk setiap kaki. Pastikan eksekusi gerakan dengan kontrol dan fokus yang maksimal untuk mencapai hasil yang optimal.

Itulah 3 gerakan yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membentuk otot perut  ideal sesuai impianmu. Lakukan latihan dengan konsisten, jaga pola makan, serta pola hidup yang sehat untuk mendapatkan tubuh sehat seperti yang kamu inginkan. Selamat berolahraga!

Membentuk Otot Perut (via Chloe Bowler)