Nggak Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Minum Air Rebusan Serai untuk Kesehatan

Ada berbagai manfaat air rebusan serai untuk kesehatan yang bisa kamu pertimbangkan. Apa saja ya manfaatnya?

Selama ini serai memang dikenal sebagai tanaman rempah yang digunakan untuk bumbu masakan. Apalagi manfaat air rebusan serai  ternyata cukup banyak untuk kesehatan lho. Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui hal tersebut.

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa serai merupakan sumber flavonoid dan senyawa fenolik yang efektif sebagai agen antibakteri. Maka dari itu, air rebusannya sering dimanfaat sebagai minuman herbal yang baik untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi air rebusan serai? Cek daftarnya berikut ini.

1. Menurunkan Kolesterol

Air rebusan serai yang dikonsumsi secara rutin ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, reaksinya tergantung pada dosis serai yang diminum. Semakin banyak orang tersebut mengonsumsi air serai maka kadar kolesterol yang diturunkan juga akan semakin banyak.

2. Meredakan Kecemasan

Manfaat Air Rebusan Serai (via Grid Health)

Banyak orang yang beranggapan kalau minum teh panas dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang. Namun minum air rebusan serai yang hangat juga memiliki manfaat yang serupa. Mengutip CNN Indonesia, Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering menyebutkan bahwa mencium aroma serai nyatanya dapat membantu menurunkan stres dan rasa cemas.

3. Mengobati Infeksi Mulut dan Gigi Berlubang

Manfaat Air Rebusan Serai (via Sajian Sedap)

Selanjutnya, air rebusan serai ternyata juga bermanfaat untuk mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang. Mengutip laman Dinkes Provinsi Yogyakarta, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal National Institutes of Health menyebutkan bahwa minyak esensial dari sereh memiliki kemampuan sebagai anti mikroba yang dapat melawan Streptococcus mutans, yakni bakteri perusak gigi. Misalnya, ramuan ini tampaknya mengurangi timbulnya sariawan, infeksi jamur yang umumnya menyerang orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti pengidap HIV.

Namun tak hanya pada gigi dan mulut, secara umum air rebusan serai juga mengandung antioksidan seperti kafeat dan klorogenat, yang membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat Air Rebusan Serai (via Yoona)

Terakhir, air rebusan serai ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa minyak esensial dari daun serai dapat membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan akibat aspirin dan etanol. Makanya air rebusan serai juga bisa digunakan untuk meredakan sakit maag.

Setelah tahu apa saja manfaat air rebusan serai  untuk kesehatan, sebaiknya mulai sekarang kamu bisa berhenti menyeduh teh atau kafein lainnya dan menggantinya dengan secangkir air rebusan serai yang hangat. Kamu juga bisa mengonsumsi air rebusan serai di keseharianmu agar kesehatanmu bisa terjaga dan optimal.

Manfaat Air Rebusan Serai (via Madaninews.id)