Be Spot: Tips Menyamarkan Bekas Jerawat Bagi yang Nggak Hobi Makeup

Be Spot Paragram kali ini berusaha memberikan tips menyamarkan jerawat untuk kamu yang nggak hobi makeup dan ogah ribet skincare-an.

Tinggal di kawasan yang penuh polusi kadang memang menyebalkan karena bikin kulit mudah kusam dan bermasalah. Ditambah lagi, paparan sinar UV dan pengaruh buruk lingkungan bakal membuat masalah kulit semakin menjadi-jadi. Nah, agar kulitmu terhindar dari dampak buruk, Paragram kembali menghadirkan solusi lewat Be Spot alias Beauty Spontan. Masalah yang akan diulas kali ini adalah trik menyamarkan bekas jerawat bagi kamu yang nggak hobi makeup.

Paragram menghadirkan responden bernama Cahya Ramadhanti yang kini masih menempuh bangku kuliah di salah satu kampus ibukota. Dia mengaku punya masalah jerawat yang bekasnya sulit sekali hilang. Namun di sisi lain, dia juga tak terbiasa menggunakan makeup tebal dan lebih suka tampil natural. Lalu bagaimana solusi dari Rezy Andriati selaku host Beauty Spontan? Yuk cek di sini!

Gunakan Pelembap yang Natural

Terlepas dari kamu punya masalah kulit atau tidak, penggunaan skincare tetap diperlukan. Setidaknya kamu harus menggunakan tiga rutinitas wajib, yaitu membersihkan muka, pakai pelembap, dan pakai sunscreen saat pagi hingga siang.

“Pertama, sebenarnya kalau dari kulit jerawat harus dirawat dengan baik, dibersihin, diberi moisturizer, dan sunblock. Nah kalau dari sisi makeup, aku bakal ngajarin menutupinya untuk kegiatan sehari-hari kayak ke kampus. Aku kasih sedikit tipsnya ya,” ungkap Rezy

“Untuk masalahnya Cahya, aku punya rekomendasi dua, yaitu apa? Satu, dia itu pelembap atau moisturizer yang berbentuk spray. Itu aman untuk kulit yang beruntusan atau berjerawat. Kedua, untuk makeupnya kita kasih concealer. Concealer itu buat menutupi merah-merah jerawatnya dengan terlihat natural.

Dalam rangka makeup over bekas wajah Cahya, maka pertama-tama Rezy memberikan moisturizer spray ke wajah Cahya. “Jadi ini moisturizer tapi bentuknya spray jadi bisa dipakai kapan aja dan tidak bermasalah sama kulit. Tunggu agak dry sedikit,” jelasnya lagi.

Be Spot - Menyamarkan Bekas Jerawat (Doc. Paragram)

Lanjutkan dengan Concealer

Setelah pelembap meresap ke dalam kulit, maka langkah selanjutnya adalah pengaplikasian concealer. Penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan kulit dan cukup digunakan tipis-tipis sebelum diratakan dengan beauty blender atau kapas.

“Karena udah agak kering, kita kasih concealer di bagian-bagian wajah yang beruntusan dan merah. Gampang tinggal kita totol-totol sedikit,” lanjut Rezy. Tinggal kita blend sedikit (dengan kapas). Jangan khawatir, kamu bisa pakai bedak, tetap natural, juga aman,” imbuhnya.

Rezy juga menyarankan agar Cahya lebih sering menggunakan sunblock untuk mencegah timbulnya noda hitam dan masalah kulit lainnya. Adapun pengaplikasiannya bisa dilakukan setelah penggunaan pelembab dan sebelum mulai menggunakan makeup.

Be Spot - Menyamarkan Bekas Jerawat (Doc. Paragram)

Akhiri dengan Lip Serum

Setelah concealer nge-blend sempurna, Rezy akhirnya memberikan sentuhan akhir pada make over ringan di wajah Cahya. Agar bibir tetap terlindungi dan cantik, dia mengaplikasikan lip serum yang juga memberikan warna ringan pada bibir. Hasilnya pun membuat Cahya puas dan tampak bahagia.

“Setelahnya pakai liptint dan lip serum supaya nggak kering bibirnya. Dipakai sehari-hari atau buat jalan-jalan aman,” jelas Rezy Andriati mengakhiri sentuhannya di Be Spot Paragram kali ini.

Be Spot - Menyamarkan Bekas Jerawat (Doc. Paragram)

“Jadi lebih cerah banget ya, Kak,” komentar Cahya sembari tersenyum.

Ternyata gampang banget, kan? Cara ini juga bisa kamu terapkan dalam keseharian kamu. Bagi yang punya masalah bekas jerawat dan nggak pede dengan kulit kusam, coba gunakan concealer dan bedak sesuai jenis kulit. Jangan lupa lakukan perawatan dengan skincare juga agar kulitmu tetap sehat dan bersinar secara alami.

 

Be Spot - Menyamarkan Bekas Jerawat (Doc. Paragram)