Han So Hee Akhirnya Klarifikasi Soal Hujatan Anti-Jepang Gara-gara Postingan Di Instagram

Han So Hee beri penjelasan setelah dituduh anti-Jepang gegara postingan soal Gyeongseong Creature.

Han So Hee akhirnya buka suara terkait hujatan yang diterimanya beberapa waktu terakhir. Di mana, So Hee sempat di-cap sebagai anti Jepang oleh segelintir fans. Hal ini bermula setelah Han So Hee membagikan beberapa foto di akun Instagramnya.

Sebenarnya, foto-foto itu diunggah dalam rangka mempromosikan drama Korea terbaru yang dibintanginya berjudul Gyeongseong Creature. So Hee mengunggah foto-foto resmi dari Gyeongseong Creature, termasuk karakter Yoon Chae Ok yang diperankannya.

Selain itu, ada foto sosok Ahn Jung Geun yang menjadi topik permasalahan. Han So Hee memperlihatkan mural Ahn Jung Geun yang terdapat di sebuah bangunan tinggi. Tak bisa dipastikan apakah bangunan itu bagian dari lokasi syuting atau bukan.

Namun, Han So Hee memberikan konteks atas unggahannya itu dalam kolom keterangan postingannya. Ahn Jung Geun merupakan sosok penting dalam perjuangan Korea melawan penjajahan Jepang. Dia dikenang karena jasanya untuk kemerdekaan Korea.

"Bukan romansa dari Gyeongseong, bukan makhluk ciptaan masa kolonial Jepang, tapi cerita tentang orang-orang yang menghadapi monster yang lahir dari eksperimen untuk kepentingan manusia. Masa brilian yang kelam itu, musim semi tahun itu, ketika orang-orang harus menerima satu sama lain dengan cinta untuk menjadi lebih kuat," tulis Han So Hee di caption fotonya.

Tak disangka, unggahan itu langsung memicu konflik. Tidak semua netizen menanggapi postingan tersebut secara positif, terutama fans dari Jepang. Han So Hee justru menuai banyak komentar negatif karena postingannya tersebut.

Baru-baru ini, Han So Hee memberi tanggapan soal pro-kontra unggahannya. Aktris kelahiran 1994 itu rupanya tidak merasa bahwa komentar-komentar tersebut menyakitinya, tapi justru sebaliknya. Dia malah bersyukur sempat membalas salah satu komentar.

Postingan Han So Hee Yang Jadi Polemik (Instagram)

"Aku justru bersyukur (ada yang komentar seperti itu). Rasanya seperti komentar yang hangat dan aku bersyukur itu memberikanku kekuatan untuk membalas komentar tersebut," ungkap Han So Hee saat melakukan wawancara dengan media setempat.

So Hee sempat meminta fans untuk tidak merasa sakit hati karena unggahannya. Han So Hee mengaku membagikan postingan tanpa memikirkan dampaknya. Namun kejadian ini membuat So Hee tersadar kalau setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda. 

"Aku mengirimkan DM ke fans Jepang agar mereka tidak merasa sakit hati karena satu unggahan itu tidak mewakili keseluruhan pendapatku dan kami juga sepakat bahwa menyerang seseorang secara pribadi di media sosial itu salah," lanjutnya.

Han So Hee Dalam Drama Gyeongseong Creature (Instagram)

"Aku mengunggah pendapatku di ranah pribadi, tanpa memikirkan efeknya. Melihat reaksinya seperti itu, aku sadar bahwa orang-orang punya pikiran yang berbeda. Aku menghargai pendapat semua orang," terang Han So Hee.

Lebih lanjut, So Hee pun membeberkan bahwa kemunculan berbagai opini yang berbeda ini jauh dari yang diharapkannya. Sebab, dia mengira kalau postingannya itu akan ditanggapi dengan berbagai cerita tentang kehidupan di masa-masa kolonial itu.

"Aku pikir akan ada cerita dari berbagai orang yang hidup di era itu. Aku mengunggahnya dengan harapan masyarakat tidak hanya fokus pada kisah cintanya saja, tapi orang-orang dengan kepribadian berbeda yang hidup di era tersebut," pungkas Han So Hee.

Han So Hee Klarifikasi Tuduhan Anti-Jepang (Instagram)