Cek Dulu! Ini Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik yang Wajib Kamu Tahu

Ada berbagai kelebihan dan kekurangan motor listrik untuk kamu yang tertarik ingin beralih ke kendaraan tenaga listrik. Apa saja ya?

Sejak harga BBM naik, motor listrik kini mulai menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Namun, sebelum membeli, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan motor listrik agar kamu tidak menyesal setelah membelinya dan mengerti penggunaannya dengan baik.

Penggunaan motor listrik di Indonesia disebut akan terus meningkat penggunaannya, terutama sejak adanya arahan subsidi dari pemerintah jika membeli dan menggunakan motor listrik. Lihat saja, sejumlah brand otomotif di Indonesia kini mulai mengeluarkan produk motor listrik yang desain body-nya nggak kalah keren dengan motor berbahan bakar bensin dan sejenisnya. Belum lagi dengan adanya iming-iming bahan bakar yang lebih murah dan ramah lingkungan. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan motor listrik? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

Kelebihan Motor Listrik

Beberapa kelebihan motor listrik berikut ini memang menarik dan membuat sebagian masyarakat Indonesia berminat untuk membelinya. Lantas, apa saja kelebihan motor listrik? Berikut ini daftarnya.

1. Tidak Berisik

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik (via Kompas.com)

Jika biasanya kamu bisa mendengar suara sepeda motor dari kejauhan, berbeda dengan motor listrik yang nyaris tanpa suara. Motor listrik memang terkenal tidak berisik dan ramah lingkungan. Jadi kalau kamu tidak ingin terganggu dengan polusi suara, motor listrik adalah jawabannya.

2. Minim Perawatan

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik (via Rukita)

Selain tidak berisik, motor listrik juga lebih minim perawatan. Tidak seperti motor konvensional, motor listrik tidak memerlukan penggantian oli, busi, filter udara, dan komponen lainnya. Namun, bukan berarti bisa digunakan terus-menerus tanpa dirawat ya! Kamu juga tetap harus menjaga kondisi motor.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik (via Blog Amartha)

Kekurangan Motor Listrik

Meski memiliki sejumlah kelebihan, tetap saja motor listrik juga memiliki kekurangan. Hal ini wajar, mengingat motor listrik merupakan produk otomotif baru yang masih perlu banyak pengembangan. Lantas, apa saja kekurangan motor listrik? Berikut ini daftarnya.

1. Pilihan Terbatas

Tidak seperti motor konvensional, pilihan motor listrik lebih terbatas. Mengingat motor listrik tergolong produk baru, maka wajar saja belum banyak model yang bisa dipilih. Biasanya model dan tipe motor listrik masih mirip-mirip satu sama lain, bisa disebut hanya perbedaan warnanya yang paling mencolok.

2. Harga Baterai Mahal

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik (via Tek.id)

Selain pilihannya yang terbatas, kekurangan lain dari motor listrik adalah harga baterainya yang cukup mahal. Baterai motor listrik memang dijual di pasaran, tetapi harganya masih sekitar Rp7-8 jutaan. Cukup menguras kantong, kan?

3. Waktu Charge yang Lama

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik (via iNews)

Selain harganya mahal, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai juga terbilang cukup lama. Sebagian besar motor listrik membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengisi daya baterai hingga penuh. Jika kamu terburu-buru, tentu waktu pengisian ini akan terasa menyebalkan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengisi daya motor ketika sebelum tidur, sehingga ketika kamu bangun motor siap untuk dipakai.

Itulah beberapa pengetahuan tentang motor listrik yang kamu harus pahami sebelum membeli. Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan motor listrik, kamu masih tertarik membelinya atau tidak?

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik (via Tribun Pontianak)