Auto Ngebut, Begini 4 Tips Mengatasi Laptop Lemot

Laptop lemot sering kali menjadi masalah bagi banyak orang. Lantas, apa saja tips jitu mengatasi laptop lemot?

Bekerja atau mengerjakan tugas menggunakan laptop lemot memang menyebalkan. Bagaimana tidak? Pekerjaan yang harusnya lebih cepat, jadi melambat karena kinerja laptop yang nggak bisa ngebut. Maka dari itu, tips mengatasi laptop lemot ini penting banget untuk dipahami oleh semua pengguna laptop.

Ternyata ada banyak hal yang bisa menyebabkan laptop lemot. Misalnya seperti RAM terlalu kecil, terpapar virus, prosesor yang sudah terlalu tua, dan masih banyak lagi alasannya lainnya. Kalau kamu memiliki masalah serupa, jangan buru-buru membawa laptop kamu ke tempat servis.  Coba dulu beberapa cara mengatasi laptop lemot berikut ini, siapa tahu berhasil.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Cara pertama agar laptop kamu bisa kembali ngebut adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai di laptopmu. Mungkin dahulu kamu pernah sangat membutuhkan aplikasi ini. Namun jika sudah tidak kamu gunakan, sebaiknya hapus saja berbagai aplikasi tersebut. Ingat kapasitas RAM pada laptop itu terbatas. Semakin banyak aplikasi yang diinstal, maka kecepatan RAM akan semakin lambat. Jadi, segera cek aplikasi apa saja ya yang ada dan dampaknya pada RAM.

2. Upgrade RAM

Tips Mengatasi Laptop Lemot (via CNN Indonesia)

Selain menghapus sejumlah aplikasi yang tidak terpakai lagi, kamu juga bisa mengupgrade kapasitas RAM laptop kamu. Misalnya laptop yang kamu miliki saat ini memiliki RAM 8GB, maka kamu bisa mengupgradenya menjadi 16GB agar kecepatan laptop kamu lebih luasa dan maksimal.

3. Cek Virus

Tips Mengatasi Laptop Lemot (via Medcomm.id)

Selain kapasitas penyimpanan yang kecil, paparan virus seperti spyware, adware, atau malware juga bisa membuat laptop kamu lemot, lho. Kamu bisa mendeteksi hal tersebut, ketika laptop kamu mengalami penurunan performa secara drastis.

Kalau kamu merasa kinerja laptopmu menurun, kamu bisa memulai memindai virus dengan antivirus. Dengan begitu, virus yang bersarang di laptopmu bisa dihapus dan kinerja laptopmu kembali optimal.

4. Bersihkan Cache

Tips Mengatasi Laptop Lemot (via Jurnalis Nuansa)

Cache atau file sementara dari aplikasi yang menumpuk akan membebani laptop dan membuatnya lemot. Oleh karena itu, jangan lupa untuk rutin membersihkan cache secara berkala agar tidak menumpuk dan membuat kinerja laptop menurun. Caranya, buka file manager, klik kanan pada gambar hard disk C atau D. Kemudian pilih properties dan cari tab general. Lalu, klik tombol disk clean-up untuk membersihkan cache.

Cukup mudah, kan? Kalau tips mengatasi laptop lemot tadi sudah kamu lakukan seluruhnya, tetapi laptop kamu masih tetap lemot, maka sebaiknya kamu segera membawanya ke tempat servis laptop untuk diperiksa lebih lanjut.

Tips Mengatasi Laptop Lemot (via IDN Times)