Ini Cara Merawat Panci Kaca Agar Tetap Awet dan Masak Tetap Estetik

Buat kamu yang gemar memasak dengan panci kaca agar tampak estetik, berikut adalah beberapa cara untuk merawatnya. Bagaimana ya caranya?

Nyatanya mengetahui cara merawat panci kaca perlu untuk diketahui oleh kamu yang suka memasak dengan panci kaca.Merawat panci kaca memerlukan perhatian khusus karena kaca bukanlah bahan yang umum digunakan sebagai alat memasak. Kamu mungkin sering menggunakan panci kaca untuk memasak berbagai hidangan lezat agar tampak lebih estetik atau karena faktor lain seperti kesehatan, sehingga butuh perawatan yang tepat agar membuatnya tetap bersih dan tahan lama. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat panci kaca dengan baik:

1. Hindari Perubahan Suhu yang Drastis

Kamu harus menghindari perubahan suhu yang ekstrim ketika menggunakan panci kaca. Misalnya, jangan meletakkan panci kaca yang panas langsung di bawah air dingin karena ini dapat menyebabkan retak atau bahkan bisa memecahkan panci.

2. Cuci dengan Tepat

Cara Merawat Panci Kaca (via Kompas.com)

Setelah digunakan, kamu perlu segera membersihkannya. Namun jangan langsung menyiramnya dengan air ketika panci masih panas. Kamu perlu mendiamkan panci dalam suhu ruangan selama beberapa saat. Setelah itu, kamu bisa bersihkan panci kaca dengan cara mencucinya secara manual. Jangan menggunakan mesin pencuci piring karena gesekan dan panas yang dihasilkan oleh mesin tersebut dapat merusak permukaan kaca.

Ketika membersihkan panci kaca, gunakan spons atau sikat yang lembut agar tidak merusak permukaannya yang rentan tergores dan membekas. Sebaiknya, gunakan deterjen yang lembut atau cairan pencuci piring untuk membersihkannya secara lembut dan efektif.

3. Hindari Bahan Pencuci yang Abrasif

Cara Merawat Panci Kaca (via CNN Indonesia)

Selanjutnya, kamu juga sebaiknya menjauhi penggunaan bahan pencuci yang mengandung partikel abrasif, seperti spons berbahan dasar logam atau pembersih dengan kandungan abrasif. Bahan-bahan ini dapat membuat goresan pada permukaan kaca.

4. Perhatikan Penyimpanan

Cara Merawat Panci Kaca (via AliExpress)

Saat menyimpan panci kaca, pastikan untuk meletakkannya dengan hati-hati dan jangan letakkan di tempat yang rentan terjatuh atau tersenggol. Gunakan penyimpanan yang aman dan hindari menumpuk barang di atasnya agar tidak terkena tekanan yang berlebihan.

5. Hindari Penggunaan Alat Logam

Cara Merawat Panci Kaca (via Kompas.com)

Ketika memasak menggunakan panci kaca, hindari penggunaan alat masak berbahan logam. Lebih baik gunakan alat masak yang terbuat dari kayu, plastik, atau silikon untuk mencegah terjadinya goresan pada permukaan kaca.

6. Perhatikan Tanda-tanda Kerusakan

Cara Merawat Panci Kaca (via Tech Gear Lab)

Jika kamu melihat retakan atau kerusakan lain pada panci kaca, segera hentikan penggunaannya. Panci kaca yang rusak dapat membahayakan saat digunakan untuk memasak.

Dengan cara merawat panci kaca dengan baik, kamu sudah memastikan keamanan penggunaan dan memperpanjang umur pakainya. Melalui perawatan yang tepat, panci kaca akan tetap bersih, jernih, dan siap untuk membantu dalam proses memasak hidangan-hidangan lezat favoritmu.

Cara Merawat Panci Kaca (via Bundalogy)