Istilahnya Viral di Medsos, Apa itu Boyfriend Air?

Sempat viral di medsos istilah baru, yaitu boyfriend air. Apa ya sebenarnya yang dimaksud boyfriend air?

Pernah nggak kamu mendengar tentang boyfriend air? Istilah ini sebenarnya sempat viral di media sosial, terutama TikTok, beberapa waktu lalu. Menurut beberapa sumber, boyfriend air merujuk pada perubahan penampilan seorang wanita setelah memiliki pasangan. Memangnya apa sih yang dimaksud dengan boyfriend air? Buat kamu yang belum paham, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Mengutip laman Ponly, boyfriend air merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan seorang perempuan yang terlalu banyak menghabiskan waktu bersama pasangannya maka menyebabkan serangkaian hal jelek bermunculan.

Hal jelek yang dimaksud adalah seperti hilangnya riasan, perawatan kulit, aksesoris dan lain sebagainya. Hal lainnya yang menandakan seseorang terkena sindrom boyfriend air adalah penampilan rambut yang berantakan dan asal-asalan.

Boyfriend Air (via Grazia)

Kesimpulannya, semakin banyak waktu yang dihabiskan bersama pasangan, maka semakin banyak rutinitas perawatan kulit yang diabaikan. Bahkan mereka jadi berhenti membersihkan diri dan melewatkan serangkaian rutinitas skincare malam.

Konten-konten video yang beredar di media sosial memang menggambarkan hal serupa. Dalam video yang beredar, para perempuan yang berpenampilan rapi kemudian berubah menjadi lebih berantakan setelah bersama dengan pasangannya sekian lama, seperti terlihat lebih kusam, berjerawat, dan rambutnya lebih berminyak

Boyfriend Air (via MUSEMEDIA)

Penyebab Boyfriend Air

Boyfriend air bisa disebabkan karena menurunnya tekanan pada penampilan fisik. Dalam suatu hubungan, ketika seseorang merasa aman dan nyaman dengan pasangannya, maka dia akan merasa bebas mengekspresikan dirinya tanpa memikirkan penampilan. Pada akhirnya, mereka merasa tidak perlu untuk memerhatikan penampilannya di depan pasangannya. Ketika sudah merasa lebih aman dan nyaman dengan pasangan, maka mereka cenderung fokus pada interaksi emosional dan bukan lagi pada penampilan.

Boyfriend Air (via Beautynesia)

Cara Menghindari Boyfriend Air

Sebenarnya fenomena boyfriend air ini bisa saja dihindari meski sudah memiliki pasangan. Caranya adalah dengan tetap konsisten merawat diri. Meski sedang bersama pasangan, cobalah untuk konsisten menjaga kebersihan dan merawat diri, seperti tetap mencuci muka dan menggunakan skincare rutin setiap hari. Selain tetap konsisten merawat diri, mencoba menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak penampilan juga bisa menghindarkan kamu dari boyfriend air. Seperti tetap mencuci tangan, tidak menyentuh wajah sembarangan, dan tidak merokok.

Kalau selama ini ternyata kamu sedang mengalami fenomena boyfriend air. Coba pahami apa saja penyebabnya, dan hindari perlahan agar kamu tetap bisa tampil cantik meski sudah bersama dengan pasanganmu dalam waktu yang cukup lama.

Boyfriend Air (via Depositphotos)