Sama Berbahayanya dengan Hipertensi, Berikut Cara Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Sama Berbahayanya dengan Hipertensi, Berikut Cara Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

Tekanan Darah Rendah (juga dikenal sebagai Hipotensi) terjadi apabila tekanan darah di bawah 90/60 mm Hg. Kondisi ini mempengaruhi banyak orang, terutama seiring bertambahnya usia. 

Gejalanya meliputi pingsan, penglihatan kabur, pusing, dan sakit kepala ringan. Jika tidak diobati, tekanan darah rendah dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke, menyebabkan kerusakan jangka panjang pada jantung dan otak, atau bahkan kematian.

Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk efek samping pengobatan dan kondisi seperti diabetes. Apa yang kamu makan juga memiliki dampak penting pada kesehatan jantung dan tekanan darahmu. Berikut delapan tips yang mungkin bisa membantu meningkatkan tekanan darahmu kembali ke tingkat yang sehat.

1. Minum banyak cairan

Saat kamu dehidrasi, volume darahmu akan berkurang, yang menyebabkan tekanan darahmu menurun. Kebanyakan dokter menganjurkan minum setidaknya dua liter (kira-kira delapan gelas) air setiap hari. Asupan air harus lebih banyak saat cuaca panas atau saat berolahraga.

2. Makan Makanan Asin

Makanan dengan kandungan garam tinggi dapat meningkatkan tekanan darah. Sumber garam yang baik antara lain buah zaitun, keju cottage, dan sup kalengan atau tuna. Kamu juga bisa menambahkan garam meja atau garam laut ke dalam makananmu.

Tekanan darah rendah (sehatq.com)

3. Minum Kopi atau Teh

Minuman seperti kopi dan teh berkafein menyebabkan peningkatan detak jantung dan lonjakan tekanan darah sementara. Efek ini biasanya bersifat jangka pendek, dan asupan kafein tidak mempengaruhi tekanan darah setiap orang dengan cara yang sama. Jika kamu seorang peminum kopi biasa, kamu mungkin juga mengembangkan toleransi yang lebih tinggi terhadap efeknya pada sistem pembuluh darah.

4. Tingkatkan Asupan B12 

Vitamin B12 berperan penting dalam membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang sehat. Kekurangan vitamin penting ini dapat menyebabkan anemia, yang menurunkan tekanan darah dan mengakibatkan pendarahan berlebihan serta kerusakan organ dan saraf. Makanan yang kaya vitamin B12 antara lain telur, ayam, ikan seperti salmon dan tuna, serta produk susu rendah lemak.

Makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah (halodoc.com)

5. Konsumsi Folat

Folat (juga dikenal sebagai Vitamin B9) adalah vitamin penting lainnya yang ditemukan dalam makanan seperti asparagus, brokoli, hati, dan kacang-kacangan seperti lentil dan buncis. Kekurangan folat dapat memiliki banyak gejala yang sama dengan kekurangan vitamin B12, menyebabkan anemia yang menyebabkan penurunan tekanan darah.

6. Kurangi Karbohidrat

Makanan yang tinggi karbohidrat, terutama karbohidrat olahan, cenderung lebih cepat dicerna dibandingkan makanan lain. Hal ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba. Diet rendah karbohidrat telah terbukti dalam beberapa penelitian membantu mengatasi hipotensi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

7. Kurangi Porsi Makanan

Saat kamu makan dalam porsi besar, tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mencernanya, yang dapat membuat tekanan darahmu turun. Hal ini terutama menjadi masalah bagi mereka yang melewatkan sarapan dan berpuasa secara berkala. Melewatkan waktu makan sering kali dapat menyebabkan makan berlebihan di kemudian hari sebagai kompensasinya. Meskipun kamu tidak mengurangi jumlah keseluruhan makanan yang kamu makan, makan dalam porsi kecil sepanjang hari akan lebih sehat bagi pencernaan dan aliran darahmu.

Mempertahankan tekanan darah normal sangat penting bagi kesehatan jantung dan arterimu, dan penting untuk menjaga tekanan darah agar dapat melakukan perubahan yang tepat sebelum masalah kesehatan terjadi. Jika kamu memiliki tekanan darah normal, kamu tetap harus mencoba memeriksakannya setidaknya satu atau dua tahun sekali. 

Cara mengontrol tekanan darah (infografis.okezone.com)